Loading...

Cara Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah sumber utama terjadinya sakit gigi. Gigi berlubang terjadi karena kurangnya perawatan terhadap gigi. Makan-makanan yang manis dan tidak berkumur setelah makan bisa jadi penyebab gigi berlubang. Berikut ini beberapa tips cara mencegah gigi berlubang:

1. Sikat gigi
Sisihkan waktu dua menit untuk membersihkan gigi. Sikat seluruh permukaan gigi, diawali dengan bagian yang paling dekat dengan lidah karena risikonya untuk berlubang lebih besar. Pilih sikat yang halus dan pasta gigi mengandung fluoride.

2. Rajin Berkumur
Gunakan obat kumur mengandung antimikroba. Perlu diketahui bahwa gigi kita hanya menempati 20 persen dari seluruh permukaan di dalam mulut. Bakteri patogen bisa hidup di-80 persen sisanya, seperti lidah, gusi, air liur, dan jaringan lain.

loading...

3. Hindari makanan bergula yang lengket
Kalau pun Anda mengonsumsinya usahakan menyikat gigi dalam waktu 20 menit setelah makan untuk mencegah pembentukan asam oleh bakteri. Kalau pun ingin mengunyah permen, pilihlah yang tanpa gula.

Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran kaya serat. Bukan hanya bermanfaat untuk tubuh tapi juga akan merangsang aliran liur di mulut dan membantu remineralisasi gigi.

4. Jauhi rokok dan alkohol
Perokok beresiko empat kali lebih tinggi menderita penyakit gusi dibanding bukan perokok. Sementara itu konsumsi alkohol dalam jumlah tinggi akan meningkatkan iritasi pada gusi, lidah, dan jaringan mulut lain.

Bukankah lebih baik mencegah daripada harus mengobati sakit gigi?

Semoga informasi tentang cara mencegah gigi berlubang diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Loading...
Cara Mencegah Gigi Berlubang | inicarak | 4.5