Loading...

Cara Mencegah Munculnya Bau Mulut Saat Puasa

Salah satu masalah yang sering muncul saat menjalankan puasa di siang hari adalah munculnya bau mulut dan napas yang tak sedap. Bau mulut ini muncul karena selama menjalankan puasa kita tidak boleh makan dan minum yang akibatnya mulut menjadi kering, sehingga banyak bakteri bersarang di mulut kita.

Ketua Program Pendidikan Spesialis Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), Drg Yulianti Kemal SpPer (K), mengatakan penyebab utama bau mulut ialah adanya bakteri glikoprotein saliva yang tumbuh pada biofilm, yaitu berbentuk lapisan yang melekat pada permukaan gigi.

Bagaimana cara mencegah munculnya bau mulut saat puasa di siang hari?

loading...

Untuk menghindari munculnya bau mulut dan napas tidak sedap, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara mencegah munculnya bau mulut dan napas tidak sedap saat menjalankan puasa di siang hari:

1. Menggunakan produk obat kumur
Berkumur dengan bantuan obat kumur dapat mencegah pelekatan glikoprotein saliva yang sudah ditumbuhi bakteri. Sebaiknya menggunakan produk obat kumur yang mengandung chlorhexidine.

2. Bersihkan gigi menggunakan benang
Cara ini sangat membantu untuk mengangkat sisa makanan dan plak yang berada di sela-sela gigi. Lakukan flossing sebelum sikat gigi. Tujuannya adalah untuk menghilangkan sisa-sia makanan, karena sisa-sisa makananlah yang menjadi penyebab bau mulut.

3. Lakukan pembersihan lidah
Setelah sikat gigi, sebaiknya lidah turut dibersihkan. Menyikat lidah, lanjut Yuniarti, sangat penting. Sebab, dengan menyikat lidah, seluruh sisa apa pun yang bersembunyi pada papil-papil (tonjol) bisa terangkat. Umumnya, sisa-sisa dan bakteri mulut memang lebih banyak terdapat pada pangkal lidah.

Pembersihan lidah bisa dilakukan menggunakan sikat gigi, alat pembersih lidah, atau benang pembersih.

4. Hindari rokok dan makanan beraroma tajam
Merokok dapat memperburuk kebersihan mulut. Rokok telah menimbulkan aroma yang tidak sedap. Jika kebetulan ada masalah dengan gigi selama berpuasa, segera kontrol kepada dokter agar perawatan gigi dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya. Juga hindari makanan yang beraroma tajam, antara lain bawang, petai, engkol dan durian.

5. Hindari makanan yang mudah lengket
Hindari makanan yang mudah lengket pada gigi, seperti cokelat, es krim dan kue basah. Jika Anda ingin mengonsumsi makanan tersebut segeralah berkumur atau bersihkan makanan tersebut agar tidak menempel pada gigi.

6. Perbanyak minum air putih serta konsumsi buah dan sayur
Minum air putih minimal dua hingga tiga gelas selama kita berbuka dan saat sahur, sehingga bau mulut dapat dinetralisir dengan cepat. Air putih juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur dalam mulut, sehingga dapat membantu menjaga kebersihannya.

Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur seperti apel, bengkuang, semangka dan juga wortel. Selain mengandung banyak air, buah dan sayur juga bisa bermanfaat untuk mengusir bau mulut.

Loading...
Cara Mencegah Munculnya Bau Mulut Saat Puasa | inicarak | 4.5