Loading...

Cara Mencegah Pegal di Punggung Karena Duduk Lama di Tempat Kerja

Sebagai pekerja kantoran, maka kita akan menghabiskan banyak waktu antara 30 sampai 40 jam setiap minggunya untuk terus duduk di depan meja dan layar komputer. Ini tentunya akan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan, terutama pada bagian punggung.

Duduk terlalu lama akan menyebabkan otot punggung bawah terasa pegal, bahkan tidak jarang bisa mengakibatkan rasa sakit yang buruk. Apalagi biasanya meja di kantor tidak dirancang sesuai dengan postur tubuh seseorang, maka ketegangan otot akan menjadi lebih sering terjadi di setiap harinya. Baca juga: Cara Mengatasi Pegal-pegal Pada Ibu Hamil

Tips Cara Mengatasi Pegal di Punggung

Menggerakkan bagian tubuh setiap beberapa waktu akan mampu mengatasi masalah pegal pada bagian punggung. Ketika rasa sakit pada sendi mulai terasa, maka ada banyak cara untuk melakukan gerakan tubuh mulai tangan hingga kaki untuk melepaskan rasa pegal pada punggung.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi dan mencegah rasa sakit di punggung sebagaimana yang dikutip dari laman pain-focus.com:

1. Biasakan diri untuk berjalan beberapa langkah ke meja rekan kerja atau melakukan rapat dengan berdiri agar badan lebih sehat dan produktif.

2. Pasanglah pengingat (reminder) dua atau tiga jam sekali pada ponsel untuk membantu diri agar tetap melakukan gerakan atau berjalan sebentar yang bertujuan untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan otot pada badan.

3. Gunakan sepatu yang nyaman saat duduk di depan meja. Sepatu dengan bantalan yang cukup mendukung keadaan badan menjadi lebih baik saat duduk di depan meja. Sepatu yang nyaman akan menghindarkan rasa sakit pada punggung, karena tumpuan kaki yang menahan badan untuk mendapatkan posisi duduk nyaman.

4. Saat istirahat makan siang, tinggalkan meja kerja sekurangnya 20 menit demi membersihkan pikiran dan mengisi energi untuk melanjutkan pekerjaan hingga petang.

Itulah beberapa cara mengatasi pegal di punggung karena terlalu lama duduk di kantor yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Cara Mencegah Pegal di Punggung Karena Duduk Lama di Tempat Kerja | inicarak | 4.5