Loading...

Cara Mencegah Tidur Sambil Mendengkur

Tidur mendengkur sering dianggap sebagai kondisi tidur yang terasa begitu nyenyak setelah seharian lelah bekerja. Namun faktanya, tidur mendengkur adalah sebuah gangguan tidur yang bila dibiarkan hal ini bisa jadi cukup berbahaya.

Pasalnya, seseorang dengan tidur mendengkur beresiko mengalami sleep apnea, yaitu gangguan tidur yang mengganggu pernafasan seseorang saat tidur. Kondisi ini merupakan penyakit serius terutama jika tidak diobati, karena dapat menyebabkan seseorang berhenti bernafas.

Selain bahaya sleep apnea, tidur mendengkur pastinya juga akan dirasakan sangat mengganggu kenyamanan pasangan atau seseorang yang tidur di dekatnya. Karena itu, perlu dilakukan beberapa cara pencegahan untuk mengatasi tidur mendengkur.

Cara Mencegah Tidur Sambil Mendengkur

Ada beberapa cara yang bisa dilakuakn untuk mencegah tidur sambil mendengkur. Seperti cara mencegah tidur mendengkur berikut ini yang dikutip dari laman Womansday:

1. Mandi dengan air hangat

Dengkuran diakibatkan terhambatnya aliran udara yang masuk, sehingga menimbulkan suara sengau saat tidur. Karena itu dengan mandi air hangat bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi dengkur.

2. Mengganti posisi tidur

Mendengkur disebabkan lidah yang menyentuh bagian langit-langit mulut. The National Sleep Foundation mengatakan bahwa dengan mengganti posisi tidur mampu menghentikan dengkuran pada seseorang.

3. Minum cukup air

Menjaga tubuh agar tetap hidrasi juga dapat membantu mengatasi masalah tidur mendengkur. Karena pada saat dehidrasi, mulut dan hidung akan terasa kering dan sedikit lengket. Karena itu anda dianjurkan untuk minum segelas air sebelum tidur untuk mencegah dengkuran saat tidur.

4. Bersihkan kamar tidur

Debu yang menyebabkan alergi, ternyata bisa menjadi pencetus terjadinya dengkuran saat tidur. Agar pasangan tidak mendengkur saat tidur, maka tidak ada salahnya bila anda ajak pasangan untuk membersihkan kamar dari debu yang membandel.

Itulah beberapa cara mencegah tidur mendengkur yang bisa dilakukan. Selain dengan menerapkan tips diatas, untuk mencegah tidur mendengkur juga perlu dicari tahu apa sebenarnya penyebab tidur mendengkur. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Cara Mencegah Tidur Sambil Mendengkur | inicarak | 4.5