Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar | IniCaraku.com

Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar

Buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan dan metabolisme tubuh. Dan sekarang ini gerakan untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran segar demi tubuh yang lebih sehat kini gaungnya semakin kencang.

Buah dan sayur terlebih dahulu harus dicuci sebelum dimasak atau dimakan. Hal ini untuk mebersihkan kotoran ataupun racun yang mungkin masih menempel dikulit buah atau sayur tersebut.

Ada banyak cara untuk mencuci buah dan sayuran segar, seperti mencucinya di dalam wadah, di bawah air yang mengalir, menggunakan cuka atau lemon, atau pun memakai sabun khusus yang kini banyak tersedia di pasaran.

Menurut analisa yang dilakukan terhadap berbagai metode pencucian buah dan sayur, ternyata merendamnya di dalam air matang dingin memberikan hasil yang tak berbeda dengan memakai sabun khusus. Malah, jika ditambah dengan menyikat, kotoran dan pestisida lebih mudah dihilangkan.

Selain itu gunakan wadah terpisah untuk mencuci buah dan sayur. Hindari mencuci bahan makanan langsung di dalam bak cuci piring. Penelitian menunjukkan bak cuci piring mengandung kuman lebih banyak dari kebanyakan kamar mandi.

Setelah dicuci bersih, pastikan Anda menggunakan talenan khusus untuk memotong buah dan sayur yang berbeda dengan talenan untuk memotong daging. Hal ini bisa mengurangi risiko kontaminasi bakteri.

Semoga informasi tentang cara mencuci buah dan sayur diatas dapat bermanfaat.


IniCaraku.com Search form