Loading...

Cara Mendidik Agar Anak Tidak Manja

Anak yang manja bisa berdampak buruk pada sikap dan perkembangan pribadi si anak ketika dia sudah dewasa. Sebagai solusi untuk mengatasi agar anak tidak manja, orangtua harus intropeksi diri dan menggali perasaan sang anak.

1. Buat anak percaya diri
Buat anak bercerita tentang dirinya atau pengalamannya. Ketika berkomunikasi, tunjukkan perasaan bahwa kita mengerti dan sangat memahami perasaan sang anak. Buatlah sang anak percaya diri dengan kemampuannya.

2. Jangan membandingkan
Jangan membandingkan anak kita dengan orang lain atau sebaliknya. Tanamkan kepadanya agar selalu berpikir positif terhadap apapun dan jangan lupa untuk membesarkannya hati.

loading...

3. Berilah perhatian
Ajak sang anak untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang dia suka. Apabila ada permasalahan dengan saudaranya, jangan selalu dibenarkan dan jangan pula selalu disalahkan. Katakan lembut agar dia dapat menghargai dan menyayangi saudaranya. Dan jangan sampai Anda mengabaikannya.

4. Berikan kepercayaan
Orangtua harus dapat memupuk kepercayaan diri sang anak agar dapat mandiri. Jangan biarkan anak ketergantungan terhadap orangtua ataupun dengan orang lain. Selalu berikan kesempatan dan kebebasan untuknya melakukan sesuatu yang ke depan bakal bermanfaat. Ini penting karena anak akan dapat melakukan sesuatu apabila dia bisa melakukannya.

5. Biarkan anak bermain
Anak harus mampu berhubungan dengan lingkungan atau teman-temannya. Jangan sampai orangtua overprotektif kepada anak, karena ini akan mematikan kreativitasnya.

6. Menghargai kemampuan anak
Biarkan dia melakukan sesuatu atau mencoba mengatai permasalahan yang dia hadapi. Jangan selalu diberi bantuan, terutama mengekang sang anak untuk tidak melakukan apapun.

Loading...
Cara Mendidik Agar Anak Tidak Manja | inicarak | 4.5