Loading...

Cara Mengatasi Agar Haid Lancar & Teratur Setiap Bulan

Haid adalah sebuah gejala yang sangat dipengaruhi oleh hormon reproduksi wanita. Seorang wanita akan dikatakan sudah matang ketika dia sudah mengalami siklus haid ini. Haid baru akan berhenti di masa-masa wanita sudah habis kesuburannya atau disebut juga masa menopause.

Ganguan yang biasanya dialami oleh wanita yang sedang haid misalnya adalah nyeri di bagian perut, perasaan tidak nyaman, haid yang tidak lancar, masa haid yang terlalu lama, haid terlambat, hingga darah haid yang terlalu banyak. Haid lancar merupakan idaman setiap wanita karena masa haid adalah masa-masa yang menyiksa bagi para wanita.

Ada mitos yang menyebutkan bahwa minum soda bisa membantu mempercepat selesainya menstruasi. Namun nyatanya ini tidaklah benar. Karena menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim menyusul tidak adanya pembuahan. Sakit atau tidaknya serta kelancarannya akan dipengaruhi oleh hormon dan faktor psikis. Karena itu tidak ada hubungannya antara minuman bersoda dengan proses menstruasi.

Haid yang tidak lancar memang sering dialami oleh kaum wanita, dan jumlahnya tidak sedikit. Hal ini tentu saja dirasakan sangat mengganggu dan membuat rasa tidak nyaman.

Sebenarnya ada beberapa penyebab haid menjadi tidak lancar. Misalnya saja karena efek samping dari pemakaian alat kontrasepsi, stres atau pola hidup dan juga bisa karena adanya gangguan dari kelenjar tiroid.

Untuk mengatasi haid yang tidak lancar, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

Cara mengatasi masalah haid tidak lancar atau teratur untuk yang sudah bersuami

Wanita yang secara rutin melakukan hubungan seksual minimal seminggu sekali terbukti memiliki siklus haid yang teratur. Penyebabnya adalah karena ketika seorang wanita mendapatkan orgasme, aliran darah di sekitar daerah reproduksi wanita akan mendapat suplai oksigen yang cukup. Dengan bercinta secara teratur, maka Anda akan memiliki siklus haid yang lancar.

Cara mengatasi masalah haid tidak lancar atau teratur untuk wanita yang belum bersuami atau masih single

Melakukan hubungan seksual secara teratur tentunya hanya bisa dilakukan bila wanita tersebut sudah bersuami. Kalaupun untuk wanita yang masih belum bersuami atau masih berstatus single, maka tips untuk mengatasi masalah haid tidak lancar dan teratur bisa dengan cara:

  • Rajin mengkonsumsi jamu atau ramuan haid lancar.
  • Mengurangi makanan yang berlemak karena kelebihan lemak akan menghambat proses menstruasi dan haid lancar.
  • Mengurangi aktivitas yang melelahkan dan menguras tenaga.
  • Untuk wanita yang mempunyai penyakit kista, untuk mendapatkan haid lancar sebaiknya menghindari makanan cepat saji, pedas, atau asam.
  • Memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin dan mineral juga dapat membantu anda mendapatkan haid lancar. Selain itu dengan melakukan olahraga teratur, anda akan mendapatkan siklus haid yang lancar.

Nah, semoga tips cara mengatasi masalah haid tidak lancar dan teratur yang Anda alami bisa teratasi dengan menerapkan tips di atas.

Bagi yang ingin agar haid cepat selesai dan bersih, maka solusinya bisa coba minum ramuan tradisional menggunakan kencur.

Siapkan saja bahannya berupa 2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 biji cengkeh yang sudah tua dan adas pulawaras secukupnya.

Untuk cara membuatnya pertama kita cincang dulu kencur, lalu campur dengan bahan-bahan lainnya. Selanjutnya rebus dengan menggunakan 3 gelas air sampai mendidih hingga menjadi sisa 2 gelas saja. Rebusan tersebut kemudian disaring untuk diminum sekali sehari 2 cangkir.

Bercinta ketika menstruasi juga dikatakan bisa membantu mempercepat proses haid atau menstruasi. Karena ketika orgasme darah yang keluar akan lebih banyak. Akan tetapi tentu saja hal ini akan beresiko, belum lagi adanya hukum agama yang tidak memperbolehkan berhubungan intim ketika istri sedang haid.

Keluarnya darah haid yang cukup banyak dan lama tentu saja tidak baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menyebabkan anemia, dimana masalah ini bisa mempengaruhi fungsi organ tubuh seperti jantung, otak dan lainnya. Sementara itu bagi yang sudah bersuami, maka lamanya masa menstruasi ini sudah barang tentu akan mengganggu keharmonisan dalam berumah tangga akibat dari tertundanya waktu untuk bercinta. Meski sebenarnya suami anda tidak pernah rewel atas lamanya masa menstruasi yang anda alami.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

obat tradisional agar haid teratur tiap bulan, supaya haid teratur, cara agar haid lancar, cara agar menstruasi lancar, penyebab haid tidak teratur tiap bulan, agar haid lancar, cara agar haid teratur, agar haid lancar tiap bulan, agar menstruasi lancar, cara mengatasi menstruasi tidak teratur, cara supaya haid lancar, tips agar haid lancar, supaya haid lancar, agar haid teratur, cara mengatasi haid tidak teratur
Cara Mengatasi Agar Haid Lancar & Teratur Setiap Bulan | inicarak | 4.5