Loading...

Cara Mengatasi Agar Rasa Mual & Ingin Muntah Tidak Muncul Saat Gosok Gigi

Rasa mual dan ingin muntah saat menggosok gigi di pagi hari sebenarnya adalah reaksi tubuh normal, untuk mencegah tersedak saat benda asing atau benda berbahaya memasuki saluran pernafasan atas dan paru-paru. Refleks muntah akan terjadi saat daerah-daerah tertentu dalam rongga mulut tersentuh, meliputi langit-langit mulut (terutama bagian belakang), bagian belakang lidah, daerah amandel dan bagian ujung tenggorokan.

Refleks ini pada beberapa orang begitu sensitif sehingga sulit untuk menerima perawatan gigi karena merasa ingin muntah saat dokter gigi memasukkan instrumen (misalnya kaca mulut) ke dalam rongga mulut. Begitu juga saat akan sikat gigi,apalagi gigi belakang.

Untuk cara agar rasa mual dan ingin muntah tidak muncul saat menggosok gigi, berikut ini beberapa tips cara mengatasi rasa mual dan ingin mual saat gosok gigi yang bisa anda lakukan:

1. Minum air hangat saat bangun tidur, lalu berkumur dengan air hangat saat menggosok gigi.

2. Jangan membuka mulut terlalu lebar atau dengan kaku. Lemaskan otot-otot mulut dan tenggorokan Anda. Bila memungkinkan, gosoklah gigi Anda perlahan-lahan tanpa membuka mulut. Jika asam lambung naik, buang dulu busa pasta gigi Anda.

3. Bernafas melalui mulut saat menggosok gigi. Tarik nafas dalam-dalam saat ingin muntah, dan hindari menahan nafas, atau berkonsentrasi bernafas dengan satu cara, karena hal itu hanya akan memperparah keadaan.

4. Jangan memasukkan sikat gigi terlalu dalam, dan menyikat dengan kuat, karena tanpa sengaja tangan Anda bisa menyodok terlalu keras.

5. Ganti sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut, atau ganti pasta gigi dengan rasa yang tidak terlalu pedas. Anda bisa memilih pasta gigi yang rasanya Anda sukai.

6. Jika Anda tidak yakin dengan kebersihan gigi karena berhenti menggosok gigi sebelum menyentuh semua gigi, bantu dengan obat kumur atau tongue scrapers untuk membersihkan lidah Anda (Anda bisa membelinya di apotek).

7. Jika penggunaan tongue scrapers tetap membuat Anda mual, gunakan dental floss untuk menyapu lidah Anda. Ambil floss sepanjang biasanya, lalu sapukan ke lidah Anda dari dalam ke luar. Cara ini akan cukup berhasil untuk yang memiliki tenggorokan sensitif.

Semoga informasi cara mengatasi & menghilangkan rasa mual dan ingin muntah saat gosok gigi di pagi hari diatas dapat bermanfaat.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

cara agar muntah cepat keluar, tips agar tidak mual saat puasa, cara menghilangkan rasa mual saat puasa, cara mengatasi rasa mual saat berpuasa, menghilangkan mual saat sahur, mengatasi mual ketika puasa, cara saat sahur agar tidak mual, cara menghilangkan rasa mengantuk saat takbiran, cara mengatasi rasa mual di pagi hari saat puasa, cara mengatasi rasa eneg saat puasa, cara mengatasi mual di saat puasa, cara memjaga gigi agar tidak kuning saat puasa, cara hilangkan mual saat puasa, cara agar gigi tidak kuning saat puasa, tips untuk tidak merasa mual saat berbuka dan sahur
Cara Mengatasi Agar Rasa Mual & Ingin Muntah Tidak Muncul Saat Gosok Gigi | admin | 4.5