Loading...

Cara Mengatasi Anemia Saat Menstruasi

Sama seperti darah dalam tubuh lainnya, darah haid juga mengandung hemoglobin (protein yang mengandung zat besi). Karena itulah, tidak mengherankan bila darah haid yang keluar terllau banyak makan akan bisa menyebabkan tubuh menjadi terasa lemas, lesu, dan bahkan kepa terasa pusing berkunang-kunang.

Rata-rata, volume darah yang keluar saat menstruasi mencapai 35-50 ml atau sekira 7-10 sendok teh per hari. Itulah alasannya kenapa saat menstruasi wanita memerluka tambahan asupan zat besi.

Menurut Dr dr Inge Permadhi, MS, SpGK, Dokter Gizi Klinis dari FKUI/RSCM di Jakarta, sebagaimana yang dilansir Okezone, “Per 30 ml volume darah yang hilang pada periode itu, wanita kehilangan 30 mg zat besi”.

loading...

Dalam kondisi normal, yaitu saat sedang tidak haid, wanita kehilangan zat besi sebanyak 1-2 mg per hari yang bisa terjadi melalui deskuamasi sel saluran cerna, urine, keringat, berganti kulit, dan pendarahan seperti melalui menstruasi.

Kehilangan zat besi secara berlebihan bisa meningkatkan risiko wanita mengalami anemia. Karena itulah tubuh memerlukan asupan zat besi untuk menggantikan hemoglobin yang hilang.

Untuk mengatasi masalah anemia saat menstruasi, sebaiknya anda menambahkan suplemen khusus yang memercepat proses pembentukan sel darah merah.

Agar tetap fit saat menstruasi, perhatikan jumlah kalori dari makanan agar sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas yang dilakukan, variasikan jenis makanan yang sehat. Penuhi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti daging hewani, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Selain itu, vitamin C juga diperlukan untuk memercepat penyerapan zat besi oleh tubuh serta asam folat yang berperan dalam meningkatkan produksi sel darah merah. Asam folat dari sumber alamiah mudah rusak oleh oksigen dan suhu panas dalam proses memasak.

Namun karena untuk mendapatkan asam folat dari bahan makanan alami tidak mudah, maka untuk mencukupi asam folat bisa diatasi dengan cara mengonsumsi suplementasi asam folat aktif (metafolin-red).

Loading...

Hasil pencarian:

ciri anemia saat haid, agar tidak anemia saat haid, apa yang dilakukan saat anemia ketika menstruasi, cara mengatasi anemia ketika haid, cara mengatasi anemia saat haid, cara mengobati anemia saat haid, cara tambah darah ketika haid, obat alami kurang darah saat haid, yg hrs dilakukan saat anemia karena menstruasi
Cara Mengatasi Anemia Saat Menstruasi | inicarak | 4.5