Loading...

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Puasa

Bibir kering dan pecah-pecang sering dialami oleh orang yang berpuasa. Salah satu alasan atau penyebab bibir kering dan pecah-pecah saat puasa tentunya adalah karena kurang asupan cairan atau dehidrasi.

Ya, tubuh kita tidak akan mendapatkan asupan makanan atau bahkan cairan sedikit pun selama berpuasa hampir 14 jam. Karenanya, perlu trik agar cairan tubuh tetap terpenuhi meski sedang berpuasa.

Karena berpuasa berarti tidak boleh makan dan minum, maka untuk memenuhi kebutuhan cairan bisa dilakukan setelah buka puasa hingga waktu makan sahur. Pemenuhan kebutuhan asupan cairan tubuh bisa dilakukan dengan memperbanyak minum air putih, makan buah dan juga sayuran sehat.

Bila bibir kering dan pecah-pecah sudah terlanjut mendera, maka solusinya bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Karena ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah yang ini biasanya terjadi pada bulan Ramadhan.

Cara mengobati bibir kering dan pecah-pecah misalnya dengan tanaman lidah buaya. Lendir yang ada pada lidah buaya bisa digunakan untuk mengolesi bibir yang kering. Hal ini bisa dilakukan setiap akan tidur.

Kemudian cara yang lainnya adalah dengan menggunakan madu. Caranya adalah dengan mengoleskan madu ke garis bibir saat sahur dan buka. Sementara untuk cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan pelembab bibir, atau memberikan vitamin khusus bibir.

Itulah beberapa tips cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selama berpuasa di bulan Ramadhan. Ingat, selain menggunakan cara diatas, penting juga untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih.

loading...
Loading...
Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Puasa | inicarak | 4.5