Loading...

Untuk Bunda, Ini Caranya Mengatasi Hidung Bayi yang Tersumbat Saat Pilek

Layaknya pada orang dewasa, bayi juga bisa mengalami hidung tersumbat ketika sedang pilek. Hal ini tentunya juga akan membuat bayi menjadi merasa tidak nyaman dengan kondisinya tersebut.

Bila orang dewasa bisa dengan sendirinya mengatasi hidung tersumbat, ini tidak dengan bayi. Orang tualah yang seharusnya membantu mengatasi masalah hidung tersumbat pada bayi.

Rasa cemas dan khawatir sudah pasti akan dirasakan oleh orang tua yang bayinya sedang pilek. Namun jangan khawatir, karena ibu bisa membantu meredakan masalah hidung tersebut pada bayinya.

loading...

Penyebab Hidung Bayi Mampet dan Tersumbat

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasinya, maka ada baiknya bila kita terlebih dahulu mengetahui apa yang menyebabkan hidung bayi tersumbat.

Pada bayi, sistem kekebalan tubuh masih berkembang, dan itulah salah satu alasan yang membuatnya lebih rentan terhadap flu. Bahkan ditahun pertama usianya, bayi biasanya akan mengalami flu atau pilek sebanyak 4-10 kali.

Flu yang menyerang pada bayi biasanya tertular melalui orang-orang yang berada di dekatnya. Virus flu juga bisa menular pada bayi melalui mainan yang telah terkontaminasi.

Terlebih lagi ketika udara sedang dingin, hidung bayi akan menjadi lebih kering dan ini akan membuat virus menjadi lebih mudah masuk. Maka terjadilah flu pada bayi yang pada akhirnya menyebabkan hidung si bayi menjadi tersumbat.

Cara Mengatasi Hidung Bayi yang Tersumbat atau Mampet Saat Pilek

Ada beberapa cara sederhana yang bisa orang tua lakukan untuk membantu mengatasi masalah hidung tersumbat kala bayi sedang pilek. Berikut beberapa diantaranya:

1. Lakukan Penguapan Alami
Inhalasi atau penguapan bisa menjadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa ibu coba. Anda bisa melakukan inhalasi alami di rumah dengan cara memberikan uap panas yang sudah ditetesi minyak telon.

Untuk caranya ibu hanya perlu meletakkan ember kecil berisi air panas yang sudah ditetesi minyak telon di pojok kamar. Biarkan bayi menghirup uap air panas tersebut karena bisa membantu untuk melegakan hidung yang tersembut.

Ibu juga bisa menggendong bayi dengan posisi telengkup diatas kedua tangan ibu dan posisikan wajah bayi berada di atas ember untuk membantu bayi menghirup uap hangat tersebut.Lakukan minimal 3 kali sehari. Lendir ingus yang encer lebih mudah untuk dikeluarkan.

2. Hangatkan Badan Bayi
Untuk membantu melegakan dan memberikan rasa nyaman pada saluran pernapasan, ibu juga bisa membantunya dengan cara memberikan rasa hangat pada tubuh bayi. Untuk itu ibu bisa coba lakukan dengan cara memandikan bayi memakai air hangat dan menjemur bayi saat matahari pagi. Cara ini akan membuat bayi merasa hangat dan membantu melegakan sumbatan pada hidungnya.

Selanjutnya pada saat tidur, ibu bisa mengatur agar suhu AC disesuaikan dengan suhu ruangan. Karena bila suhu AC yang yang dipilih terlalu rendah, ini malahan akan semakin membantu hidung bayi tersumbat.

Ibu juga bisa membaluri tubuh bayi dengan olesan balsam khusus bayi pada area punggung dan dada sambil dipijat lembut sebelum bayi beranjak tidur untuk membantu melegakan hidungnya.

3. Atur Posisi Tidur Bayi
Posisi tidur juga berpengaruh terhadap masalah hidung tersumbat yang dialami oleh bayi. Terutama bila hanya sebelah hidung saja yang tersumbat. Bukan keduanya.

Mengatur posisi tidur bayi saat hidung tersumbat sangat penting karena bisa membantu melegakan pernapasannya. Bila hidung yang tersumbat sebelah kiri, maka ibu bisa menidurkan bayi dengan posisi tidur ke sisi kanan. Begitu juga sebaliknya.

Saat hidung bayi tersumbat usahakan agar posisi kepala lebih tinggi dari badannya dengan memakai bantal.

4. Lakukan Pijatan Pada Hidung Bayi
Pijatan lembut dengan tekanan yang ringan bisa ibu berikan pada daerah T ( atas hidung dan alis) dengan menggunakan olesan minyak telon untuk membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat.

Untuk membantu mengeluarkan lendir yang menyebabkan hidung tersumbat, maka ibu bisa memberikan tekanan lembut dengan menggunakan cotton bud atau sapu tangan ke sekitar lubang hidung bayi. Tapi harap untuk diingat, jangan terlalu dalam memasukkan cotton bud.

5. Gunakan Alat Penyedot Ingus
Penggunaan alat untuk menyedot ingus bayi bisa menjadi solusi terakhir yang bisa ibu lakukan. Alat ini bisa digunakan bila ingus bayi belum juga bisa keluar dan tetap menyumbat pernafasan bayi. Gunakan alat penyedot ingus (nasal aspirator) khusus bayi.

Di apotik ibu biasanya bisa mendapatkan alat penyedot ingus bayi dengan mudah. Karena alat ini dijual bebas di apotik. Bentuknya botol karet kecil dengan ujung plastik yang berfungsi sebagai penyedot.

Sebelum menggunakan alat ini, sebaiknya bersihkan dulu bagian ujung plastik yang akan dimasukkan ke hidung bayi dengan kain kasa atau kapas yang sudah diolesi alkohol 70%. Harap untuk diingat juga agar tidak terlalu dalam memasukkan penyedot ingusnya dan lakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi iritasi pada hidung bayi.

Teknik menyedot ingus ini sebenarnya sudah dipraktekkan oleh orang-orang dulu. Namun saat itu biasanya mereka melakukan secara oral. Yaitu dengan cara menyedotnya menggunakan mulut si ibu. Cara ini tentu saja tidak aman, karena bisa menyebabkan bakteri masuk ke dalam hidung bayi.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

ibu menyusui puasa bayi mencret, cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari, caption masa bodoh, kentut bayi, cara agar bau badan seperti bayi, caption masa bodo, one push vape untuk bayi, one push vape aman untuk bayi, kandungan one push vape, cara agar wangi seperti bayi, bunga belimbing wuluh untuk bayi, kenapa kentut bayi bau, bayi umur 2 bulan sering kentut dan bau kenapa, bayi 13 bulan bau mulut 2017, kenapa kentut bayi
Untuk Bunda, Ini Caranya Mengatasi Hidung Bayi yang Tersumbat Saat Pilek | admin | 4.5