Loading...

Cara Mengatasi Kelilipan, Jangan Langsung Menyentuh Mata

Kelilipan seringkali membuat mata jadi terasa gatal dan secara refleks tangan akan menggosok mata. Kegiatan menggosok mata karena kelilipan adalah berbahaya. Menggosok mata saat masih ada benda asing di mata bisa membuat mata jadi iritasi atau tergores.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kelilipan bila Anda atau teman Anda kelilipan, seperti yang dikutip dari okezone:

  1. Jangan menggosok mata.
  2. Dudukkan korban (orang yang kelilipan) menghadap sumber cahaya.
  3. Tarik kelopak mata atas dan bawah dengan lembut dan amati baik-baik matanya.
  4. Jika ada benda asing mengambang di permukaan mata, bilas keluar dengan menuangkan air bersih atau menggunakan cawan pembersih mata berisikan air bersih.
  5. Jika tidak berhasil, cobalah mengangkat benda itu dengan korek kuping basah, atau ujung tisu, atau kain bersih yang dibasahi. Tapi jangan coba lakukan jika benda itu tertanam pada mata.
  6. Jika benda asing berada di bawah kelopak mata atas, mintalah korban menarik kelopak mata atas sampai melewati kelopak bawah. Ini seringkali membuat benda asing terlepas.

Semoga tips cara mengatasi kelilipan – cara menghilangkan benda asing di mata karena kelilipan di atas bisa bermanfaat.

loading...

Loading...

Hasil pencarian:

mata kelilipan tidak bisa keluar, kelilipan di kelopak mata atas, cara menghilangkan kelilipan, cara mengatasi kelilipan parah, cara mengobati mata kelilipan, cara mengatasi kelilipan, cara mengatasi mata kelilipan, kelilipan mata bandel
Cara Mengatasi Kelilipan, Jangan Langsung Menyentuh Mata | inicarak | 4.5