Loading...

Cara Mengatasi Kulit Pada Telapak Kaki yang Pecah-pecah

Tidak sedikit, baik pria ataupun wanita yang memiliki masalah dengan kulit pada bagian telapak kaki terutama pada tumitnya yang pecah-pecah. Telapak kaki pecah-pecah ini biasa terjadi ketika musim panah, apalagi bila tidak diimbangi dengan menambah asupan cairan.

Ketika memiliki kulit kaki pecah-pecah, maka ini tentu saja akan mengganggu penampilan. Apalagi untuk anda yang gemar memakai sendal atau atau sepatu high heels, hal ini sudah pasti akan membuat hilangnya rasa percaya diri.

Bahan Alami untuk Mengatasi Telapak Kaki Pecah-pecah

Untuk cara mengatasi kaki pecah-pecah sebenarnya kita bisa menggunakan bahan yang alami, salah satunya adalah dengan memanfaatkan madu. Selain dengan madu, beberapa bahan alami juga bisa digunakan untuk menghilangkan kaki pecah-pecah. Berikut diantaranya:

1. Minyak sayur

loading...

Kandungan antioksidan yang ada dalam minyak sayur memiliki manfaat untuk menyembuhkan serta memperbaiki bagian yang menyerupai retak di tumit. Adapun cara menghilangkan telapak kaki yang pecah-pecah yairu dengan menerapkan minyak sayur tipis pada tumit kaki. Ulangi kembali cara ini, namun kali ini penggunaannya lebih tebal. Biarkan semalam untuk kemudian baru dicuci di pagi harinya.

2. Petroleum jelly dan jus lemon

Petroleum jelly merupakan emolien alami yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan dan memelihara kulit. Sementara jus lemon memiliki kandungan asam sitrat yang membantu perbaikan kerusakan sel-sel kulit pada kaki pecah-pecah.

Untuk menghilangkan kulit kaki yang pecah-pecah agar kembali halus, caranya dengan memasukkan satu sendok teh petroleum jelly ke dalam mangkok. Kemudian mencampurnya dengan beberapa tetes jus lemon. Aduk sampai kedua bahan ini tercampur dengan baik dan aplikasikan merata pada tumit. Biarkan dulu selama semalaman dan bersihkan di saat pagi datang.

3. Madu

Madu tidak hanya kaya akan kandungan nutrisi yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat dan khasiat dari madu. Namun madu juga bisa digunakan untuk perawatan kulit, termasuk untuk mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah. Ini salah satunya adalah karena adanya vitamin C yang terkandung pada madu yang bisa menyehatkan kulit dan membunuh bakteri penyebab infeksi, sehingga kulit menjadi lebih lembap dan halus.

Cara menghaluskan kulit dengan madu yaitu ambil satu sendok makan madu organik dan campur ke dalam ember yang berisi air. Rendam kaki ke dalam air madu ini selama sekitar 20 menit. Setelah itu gosok dengan lembut kulit di bagian tumit kaki. Angkat kaki dan keringkan. Agar cara ini bisa berhasil secara maksimal, maka lakukan langkah ini setiap malam sebelum tidur, maka hasilnya adalah kaki pecah-pecah secara perlahan akan menghilang.

Itulah beberapa bahan dan cara alami untuk mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky. Selamat mencoba!

loading...
Loading...
Cara Mengatasi Kulit Pada Telapak Kaki yang Pecah-pecah | inicarak | 4.5