About these ads

Cara Mengatasi / Mengobati Kuku Kaki Bernanah atau Cantengan

Cantengan atau jempol (kuku) kaki keluar nanah ini biasanya disebabkan oleh karena adanya kuku kaki yang menancap pada jempol kaki yang menyebabkan infeksi. Biasanya ini terjadi karena kuku kaki terlalu dalam dan tidak rata.

Untuk cara mengatasi dan mengobati cantengan bisa dilakukan dengan cara melenyapkan bagian kuku yang menancap jempol atau jari lain di kaki. Jika memungkinkan Anda bisa mengatasinya sendiri, namun jika tidak bisa maka Anda harus ke dokter untuk melakukan operasi kecil pembuangan/pembersihan kuku kaki.

Jika melakukan sendiri, pastikan alat yang Anda gunakan steril dan aman digunakan seperti silet, gunting kuku, jarum, antiseptik, kapas, tisu, dan sebagainya sesuai kebutuhan. Setelah memotong bagian kuku yang menancap Anda bisa obati luka yang ada seperti biasa.

Setelah kuku yang menusuk kulit berhasil anda angkat dan singkirkan, selanjutnya obati luka yang membengkak serta luka baru yang mungkin Anda buat ketika membuka jalan. Beri obat luka luar yang aman dan bebas merkuri dan biarkan tetap terbuka hingga sembuh. Mungkin pada awalnya menimbulkan rasa sakit yang tidak jauh berbeda dari awal sebelum membuang bagian kuku yang menancap, namun dalam beberaa hari ketika bengkak mulai menghilang maka rasa sakit pun akan berkurang dan akhirnya akan menghilang.

Cara Mencegah Agar Tidak Cantengan

Untuk menghindari jempol kaki keluar nanah atau cantengan, pastikan Anda memotong kuku anda dengan baik dengan tidak meninggalkan pola potongan yang tajam dan berpotensi menusuk daging jempol atau jari lainnya saat kuku tumbuh. Hilangkan kebiasaan mengorek-ngorek kuku kaki.

Untuk membersihkan kotoran di bawah kuku, Anda bisa melakukannya dengan cara terlebih dahulu merendam kaki beberapa menit, kemudian gunakan bekas sikat gigi untuk membersihkan (menyikat) kuku kaki.

Ramuan Obat Alami untuk Mengobati Kuku Kaki Bernanah / Cantengan

Untuk mengobati cantengan, Anda bisa menggunakan ramuan obat alami berbahan dasar daun inai atau daun pacar. Daun inai biasanya sering dipakai untuk cat kuku atau cutex, Namun di samping itu masih ada gunanya yang lain, yakni sebagai obat luka.

Jika kuku jempol kaki Anda membengkak dan keluar nanah, mungkin karena kesandung atau lainnya yang menimbulkan luka/infeksi/bernanah, Anda bisa menggunakan ramuan berikut:

Tumbuk halus daun inai/pacar. Campur dengan sedikit tawas. Untuk pengobatan, tempelkan ramuan tersebut pada bagian kuku jari yang sakit.

Lihat Juga Cara yang Lainnya
loading...
About these ads

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi - Menstruasi atau haid adalah hal yang normal yang terjadi pada setiap wanita dalam masa subur. Ketika sedang menstruasi, beberapa wanita ada yang mengalami sakit dan menyebabkan fisik terasa lemah. Saat sedang menstruasi, seorang wanita harus...

Inilah Penyebab Anda Gagal Menurunkan Berat Badan - Banyak orang memilih untuk berpuasa atau mengurangi porsi makan untuk menurunkan berat badan. Ada yang berhasil, namun lebih banyak yang tidak berhasil menurunkan berat badan. Bagi anda yang termasuk salah satu orang yang ingin menurunkan berat...

9 Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut - Munculnya bau mulut seringkali membuat kita malu, khususnya bila kita harus berbicara dengan saling berhadapan. Ada beberapa tips dan cara untuk mengatasi dan menghilangkan bau mulut, berikut ini di antaranya: 1. Rajin dan teratur sikat...

Cara Mencegah Pegal di Punggung Karena Duduk Lama di Tempat Kerja - Sebagai pekerja kantoran, maka kita akan menghabiskan banyak waktu antara 30 sampai 40 jam setiap minggunya untuk terus duduk di depan meja dan layar komputer. Ini tentunya akan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan, terutama pada bagian...

Cara Mengobati Nyeri Sendi dengan Cepat - Rasa nyeri pada persendian yang datang secara tiba-tiba bisa mengacaukan akhir pekan anda. Sakit ini bisa menjadi sangat mengganggu karena membuat rasa tidak nyaman di sekitar persedian. Berbagai penyebab nyeri sendi bisa muncul misalnya adalah...

Cara Mencegah dan Mengobati Diare Setelah Lebaran - Mencret atau diare menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering muncul dan dialami oleh banyak orang setelah lebaran. Penyebabnya seringkali karena banyak orang yang lupa diri. Banyaknya menu hidangan yang tersedia membuat seseorang tertarik...