About these ads

  Cara Mengatasi / Mengobati Kuku Kaki Bernanah atau Cantengan | IniCaraku.com

Cara Mengatasi / Mengobati Kuku Kaki Bernanah atau Cantengan

Cantengan atau jempol (kuku) kaki keluar nanah ini biasanya disebabkan oleh karena adanya kuku kaki yang menancap pada jempol kaki yang menyebabkan infeksi. Biasanya ini terjadi karena kuku kaki terlalu dalam dan tidak rata.

Untuk cara mengatasi dan mengobati cantengan bisa dilakukan dengan cara melenyapkan bagian kuku yang menancap jempol atau jari lain di kaki. Jika memungkinkan Anda bisa mengatasinya sendiri, namun jika tidak bisa maka Anda harus ke dokter untuk melakukan operasi kecil pembuangan/pembersihan kuku kaki.

Jika melakukan sendiri, pastikan alat yang Anda gunakan steril dan aman digunakan seperti silet, gunting kuku, jarum, antiseptik, kapas, tisu, dan sebagainya sesuai kebutuhan. Setelah memotong bagian kuku yang menancap Anda bisa obati luka yang ada seperti biasa.

Setelah kuku yang menusuk kulit berhasil anda angkat dan singkirkan, selanjutnya obati luka yang membengkak serta luka baru yang mungkin Anda buat ketika membuka jalan. Beri obat luka luar yang aman dan bebas merkuri dan biarkan tetap terbuka hingga sembuh. Mungkin pada awalnya menimbulkan rasa sakit yang tidak jauh berbeda dari awal sebelum membuang bagian kuku yang menancap, namun dalam beberaa hari ketika bengkak mulai menghilang maka rasa sakit pun akan berkurang dan akhirnya akan menghilang.

Cara Mencegah Agar Tidak Cantengan

Untuk menghindari jempol kaki keluar nanah atau cantengan, pastikan Anda memotong kuku anda dengan baik dengan tidak meninggalkan pola potongan yang tajam dan berpotensi menusuk daging jempol atau jari lainnya saat kuku tumbuh. Hilangkan kebiasaan mengorek-ngorek kuku kaki.

Untuk membersihkan kotoran di bawah kuku, Anda bisa melakukannya dengan cara terlebih dahulu merendam kaki beberapa menit, kemudian gunakan bekas sikat gigi untuk membersihkan (menyikat) kuku kaki.

Ramuan Obat Alami untuk Mengobati Kuku Kaki Bernanah / Cantengan

Untuk mengobati cantengan, Anda bisa menggunakan ramuan obat alami berbahan dasar daun inai atau daun pacar. Daun inai biasanya sering dipakai untuk cat kuku atau cutex, Namun di samping itu masih ada gunanya yang lain, yakni sebagai obat luka.

Jika kuku jempol kaki Anda membengkak dan keluar nanah, mungkin karena kesandung atau lainnya yang menimbulkan luka/infeksi/bernanah, Anda bisa menggunakan ramuan berikut:

Tumbuk halus daun inai/pacar. Campur dengan sedikit tawas. Untuk pengobatan, tempelkan ramuan tersebut pada bagian kuku jari yang sakit.

Lihat Kumpulan Cara Lainnya:
loading...
About these ads
obat luka didepan kuku kaki, obat kuenen, cara alami mengobati sakit infeksi di sela kuku jempol, cara mengobati luka berdarah dalam kuku kaki, kuku luka dalam, kuku rastungan, mengapa sebab jempol kaki bisa bernanah, mengobati kuku jempol kaki yang menancap, cara mengatasi kuku jempol kaki yang menancap, cara mengobati jari bengkak bernanah, obat luka kaki kuku nusuk daging, cantengan infeksi tumbuh daging, obat jempol kaki bernanah, Luka di pinggir kuku, kaki bernanah, jmpol kaki infeksi bs gak kaki tu mmbusuk, obat alami sakit kuku jempol kaki, Bagaimana cara mengobati badosi, carA mengatasi kuku yang uenen, cara mengatasi rasa sakit di sela-sela kuku di jempol kaki, cara agar jempol kaki tidak ada nana, cara menghilangkan / menyembuhkan daging yang keluar dari sela sela kuku di jempol kaki, cara menghilangkan bau jempol kaki yg berdarah, cara mengatasi kuku jempol kaki yang membusuk karena cantengen, cara mengatasi kotoran masuk ke kuku, Cara mengatasi jempol kaki yang keluar nanah akibat kecelakaan, www cara membersihkan kotoran di sudut kuku kaki com, bgmna cara menyembuhkan nanah di kaki, cara alami menobati kuku kaki nanahan, cara alami mengobati luka di dalam kuku