Loading...

Cara Mengatasi Nyeri Perut Saat Haid

Pada umumnya haid atau menstruasi selalu disertai rasa nyeri, hanya saja intensitasnya yang berbeda. Bila terasa nyeri tersebut telah menimbulkan gangguan aktivitas normal sehari-hari, kita katakan sebagai nyeri haid patologis, demikian menurut dr. Samson Chandra,Sp.OG,D.MAS, Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Meilia Cibubur, menjawab pertanyaan Wulan (20).

Apakah nyeri haid itu berbahaya? Tergantung dari penyebabnya. Bila dalam pemeriksaan tidak dijumpai faktor penyebab, kita sebut Dismenore Primer, dan pengobatannya biasanya hanya diberikan penghilang rasa sakit.

Namun bila dalam pemeriksaan kita jumpai faktor-faktor yang mendasar, misalnya Endometriosis (faktor yang paling sering), abnormalitas saluran genital, Myoma, Endometriosis, kista dan lain sebagainya, maka kita sebut Dismenore Sekunder dan penanganannya tentu tergantung faktor yang mendasarinya. Pengobatan bisa berupa obat-obatan hormon, AKDR yang mengandung hormon, hingga operasi.

loading...

Efek samping obat anti nyeri umumnya menimbulkan rasa mual, kembung, nyeri di ulu hati, hingga timbul tukak lambung. Oleh karena itu, berkonsultasilah dengan dokter Anda bila makan obat untuk jangka waktu yang lama.

Untuk cara mengatasi rasa nyeri secara alami, misalnya dengan olah raga (bersepeda, renang, jalan kaki), hindari minuman bersoda, kafein, gula dan alkohol, tingkatkan intake makanan yang mengandung kalsium, zinc, magnesium, dan lain-lain. Tetapi semua penanganan ini masih perlu penelitian lebih lanjut. Semoga bisa membantu, salam sehat.

Loading...
Cara Mengatasi Nyeri Perut Saat Haid | inicarak | 4.5