Loading...

Cara Mengatasi Pegal dan Nyeri Punggung Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Lebaran tinggal menunggu hari saja. Ini artinya semakin dekat waktu untuk mudik ke kampung halaman.

Banyak orang memilih mobil sebagai kendaraan untuk mudik guna merayakan lebaran bersama sanak saudara di kampung halaman. Seringnya perjalanan mudik menggunakan mobil yang dilakukan hingga berjam-jam bahkan berhari-hari lamanya sering kali membuat tubuh menjadi pegal akibat terlalu lama duduk.

Rasa nyeri atau pegal pada area punggung dan leher ini memang salah satu resiko yang sering dialami ketika seseorang terlalu lama mengendarai mobil. Namun jangan khawatir, karena ada cara untuk mengatasi rasa nyeri dan pegal di punggung saat berkendara dengan mobil.

Cara Mengatasi Nyeri dan Pegal di Punggung Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan agar rasa sakit pada punggung tidak berlebihan sebagaimana yang dikutip dari laman Spine-health:

1. Ambil posisi senyaman mungkin

Perhatikan sandaran pada bangku mobil, sesuaikan dengan kenyamanan punggung anda. Jangan menaruh dompet, ponsel, atau apa pun di saku belakang anda, sebab dapat memungkinkan posisi tulang belakang menjadi tak sejajar.

Untuk penumpang, duduk dengan tegak namun tetap berada di posisi yang santai. Atur juga posisi lutut yang sedikit lebih tinggi dari pinggul dan menjaga posisi kepala agar tak terlalu tegap dan tegang. Akan lebih nyaman ketika kepala bersandar dan lurus dengan tulang belakang.

2. Tambahkan bantal

Tidak ada salahnya menambah beberapa bantal di belakang punggung untuk meyingkiri rasa linu atau nyeri di punggung bawah sehingga akan membuat rasa nyaman pada punggung. Akan lebih nyaman lagi bila bantal yang digunakan berisi gel atau busa lembut.

3. Mencari hiburan

Untuk mengalihkan pikiran dari rasa sakit atau nyeri punggung dan sekujur tubuh selama perjalanan mudik yang panjang bisa dilakukan dengan cara menonton, mendengarkan musik, atau membaca buku selama perjalanan.

Terutama untuk para pengemudi, maka cobalah untuk mendengarkan musik kesukaan anda selama berkendara atau sesekali melihat ke TV pada mobil untuk sedikit menyegarkan otak.

Sementara untuk penumpang bisa dicoba dengan cara bermeditasi, membaca buku, mengisi teka-teki silang atau bermain game di gawai anda. Bisa juga dilakukan dengan cara menonton film atau serial TV kesukaan atau bercengkrama bersama keluarga selama perjalanan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi pegal dan nyeri di punggung yang bisa dilakukan saat harus naik mobil terlalu lama saat di perjalanan untuk mudik lebaran. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

cara menghilangkan pegel-pegel saat berkendara, solusi mengatasi pegal di leher saat perjalanan
Cara Mengatasi Pegal dan Nyeri Punggung Saat Perjalanan Mudik Lebaran | inicarak | 4.5