Loading...

Cara Mengatasi Radang Payudara pada Ibu Menyusui

Radang payudara yang biasanya ditandai dengan pembengkakan dan pengerasan pada payudara ini biasa dialami oleh ibu yang sedang dalam masa menyusui. Kurangnya aktivitas menyusu bayi dan melimpahnya produksi ASI ibu membuat ibu sering mengeluhkan rasa sakit di bagian payudaranya.

Untuk mengatasi masalah radang payudara seperti ini sebenarnya tidak perlu terjadi bila intensitas menyusu bayi dengan jumlag produksi ASI seimbang. Namun ada kalanya produksi ASI ibu melimpah sementara intensitas menyusu bayi kurang.

Cara Mengatasi Radang Payudara pada Ibu Menyusui

Untuk cara mengatasi radang payudara saat masa menyusui, maka ibu bisa lakukan dengan terus menyusui bayi. Bila bayi tidak/kurang mau menyusu, maka ibu bisa memerah ASI untuk mengurangi jumlah ASI yang tersimpan di payudara.

Sementara sebagaimana yang dikutip dari laman Klikdokter, ketika gejala radang payudara muncul, maka ibu bisa melakukan beberapa tindakan sebagai langkah penanganan awal di rumah untuk mengatasi radang payudara. Berikut diantaranya:

1. Pakailah bra yang tidak terlalu ketat. Karena dengan memakai bra yang terlalu ketat, maka hal itu bisa menyempitkan saluran susu.

2. Kompreslah daerah payudara yang meradang dengan kompres hangat.

3. Menyusuilah lebih sering pada sisi yang sedang sakit. Tujuannya agar aliran susu lancar dan payudara tidak terisi terlalu penuh.

4. Pijat daerah yang sakit mulai dari belakang area yang sakit dengan menggunakan jari. Lakukan dengan gerakan memutar ke arah payudara.

5. Ibu yang mengalami radang payudara seperti ini dianjurkan untuk lebih banyak beristirahat. Hal ini bisa membantu untuk mempercepat proses penyembuhan radang payudara yang dialami. Karena seringkali penyumbatan saluran susu terjadi akibat ibu yang terlalu lelah.

Namun bila ibu tidak juga merasakan adanya perubahan dalam waktu 24 jam setelah melakukan langkah-langkah seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka ada baiknya bila ibu segera berkonsultasi dengan dokter. Terutama bila kedua payudara terinfeksi, ada nanah atau darah dalam ASI, ada garis merah di sekitar daerah payudara yang mengalami nyeri. Bila ibu merasa bahwa gejala peradangan payudara juga semakin memburuk dan datang secara tiba-tiba, maka jangan tunda lagi untuk menemui dokter agar mendapatkan bantuan perawatan yang tepat.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

pengerasan payudara pada ibu menyusui
Cara Mengatasi Radang Payudara pada Ibu Menyusui | inicarak | 4.5