Cara Mengatasi Sering Kentut – Agar Tidak Sering Kentut | IniCaraku.com

Cara Mengatasi Sering Kentut – Agar Tidak Sering Kentut

Malu memang rasanya kalau disaat sedang asik berkumpul tiba-tiba perut jadi mulas dan saat itu juga ada angin nakal yang keluar dari perut. Meski tidak menimbulkan bunyi, tapi kalau baunya membuat teman-teman disekitar mual dan muntah apalagi sampai ada yang pingsan kan bisa jatuh harga diri kita. Bakalan di cap sebagai raja kentut seumur hidup.

Nah, agar kita tidak kentut atau buang angin disembarang tempat, yang harus kita lakukan tentu adalah mencari tahu penyebab kenapa kita jadi sering kentut. Selanjutnya adalah melakukan pencegahan agar tidak kentut disembarang tempat.
Berikut ini adalah beberapa tips cara mengatasi bila sering kentut.

1. Hindari makanan dengan karbohidrat tinggi
Makanan berkarbohidrat tinggi misalnya ketela, kentang, dan singkong. Kelebihan karbohidrat dalam diet seseorang dapat menyebabkan masalah gas dan sering kentut.

2. Hindari konsumsi makanan pedas
Makanan pedas bisa meningkatkan debit asam lambung yang dapat menimbulkan iritasi.

3. Hindari makanan berbau
Hindari makanan yang menimbulkan bau kentut menyengat, misalnya petai, durian dan jengkol.

4. Hindari minuman yang bersifat asam
Kelebihan konsumsi minuman yang bersifat asam juga perlu dihindari, seperti teh, kopi, minuman bersoda, dan alkohol. Ini cenderung menyebabkan iritasi pada saluran gastro-intestinal.

5. Kurangi jumlah udara yang Anda telan
Jangan berbicara dan tertawa sambil makan. Makan dan minum perlahan dan kunyah makanan dengan baik. Kurangi makan permen karet dan rokok karena juga menyebabkan udara yang kita hirup menjadi berlebihan. Jangan lupa, kurangi kebiasaan minum dengan menggunakan sedotan. Cara ini bisa menyebabkan udara lebih banyak masuk ke dalam saluran pencernaan.

6. Kurangi sayur dan buah yang menimbulkan gas
Hindari konsumsi makanan seperti kacang-kacangan, kembang kol, kubis, brokoli, kacang, dan pisang.

7) Batasi konsumsi makanan yang tinggi kadar lemak.
Makanan tinggi lemak menghasilkan sejumlah besar karbondioksida dan beberapa di antaranya akan dikeluarkan tubuh dalam bentuk gas.

8. Jangan sering makan dalam jumlah banyak
Jangan makan tiga kali dalam porsi besar di siang hari. Sebaliknya makan lima makanan kecil.

9. Lakukan aktivitas fisik atau olahraga
Setelah makan ada baiknya Anda berjalan-jalan atau melakukan aktivitas seperti menaiki tangga agar kalori terbakar dan tidak menumpuk dalam perut. Aktivitas fisik membantu pencernaan bekerja lebih baik.

Semoga informasi tentang bagaimana cara mengatasi masalah sering kentut diatas dapat bermanfaat dan bisa membuat anda tidak lagi sering dipermalukan oleh kentut :)

IniCaraku.com Search form