Loading...

Cara Mengatasi Sitemap Error “XML Parsing Error: XML or text declaration not at start of entity”

Plugin Google Sitemap Generator yang dibuat oleh Arne Brachhold merupakan salah satu plugin wordpress yang digunakan untuk membuat sitemap secara ototmatis di wordpress. Plugin ini cukup populer digunakan di kalangan blogger yang beraliran wordpress selfhost. Lebih dari 1 juta blogger telah menggunakan plugin Google Sitemap Generator ini.

Fungsi dari sitemap dalam sebuah web atau blog menjadi sangat penting. Pada sebuah web atau blog fungsi sitemap adalah layaknya daftar isi. Pada halaman sitemap terdapat semua URL atau link artikel yang ada dalam sebuah web atau blog. Dengan adanya sitemap, pengunjung akan lebih dipermudah dalam mengetahui isi dari seluruh konten yang ada.

Sementara fungsi sitemap untuk SEO adalah untuk mempermudah mesin pencari seperti Google, Yahoo, Yandex dan lainnya untuk meng-crawl atau menjelajahi isi dan struktur lengkap situs web atau blog sehingga lebih cepat terindeks mesin pencari. Plugin ini mendukung semua jenis halaman wordpress serta URL khusus yang dihasilkan.

loading...

Selain secara otomatis akan membuat daftar isi dalam halaman sitemap, salah satu kelebihan yang dimiliki plugin Google Sitemap Generator adalah akan memberitahukan (ping) semua mesin pencari utama setiap kali kita membuat posting tentang konten baru.

Cara Memperbaiki Sitemap Error “XML Parsing Error: XML or text declaration not at start of entity”

Mungkin salah satu hal yang seringkali dikeluhkan (sebenarnya lebih pada pengalaman penulis sendiri) pada penggunaan plugin Google Sitemap Generator adalah sering munculnya error berupa pesan

XML Parsing Error: XML or text declaration not at start of entity
Location: http://www.inicaraku.com/sitemap.xml
Line Number 2, Column 1:

Dari hasil yang pernah saya baca, penyebabnya adalah karena adanya ruang kosong pada halaman pembuka dan penutup PHP. MIsalnya ada jeda spasi atau paragraf dalam penulisan kode. Namun setelah saya telusuri nyatanya tidak ada. Entahlah, saya sendiri juga kurang tahu pasti apa penyebab sitemap error dan menampilkan pesan “XML Parsing Error: XML or text declaration not at start of entity”.

Yang jelas, untuk cara mengatasi sitempa error seperti ini adalah dua solusi yang bisa digunakan.

Pertama:
Menggunakan plugin fix-rss-feed. Plugin ini sudah cukup lama tidak diupdate sehingga bila anda mencarinya di wordpress mungkin tidak akan menemukan. Karena itu anda bisa buka di http://goo.gl/dBcFAL

Untuk cara menggunakan plugin fix-rss-feed sangat mudah. Setelah diinstall, buka halaman Admin >> Settings > Fix RSS Feed. Klik pada tombol “Fix wordpress rss feed error”

Seringkali hanya dengan memakai plugin Fix RSS Feed bisa mengatasi masalah RSS atau sitemap yang error. Namun terkadang plugin ini juga tidak bisa mengatasinya. Karena itu, bila gagal setelah memakai plugin ini, coba gunakan cara kedua.

Kedua:
Untuk cara mengatasi sitemap error yang lebih sering berhasil dilakukan adalah dengan memakai scipt kode “WordPress leading whitespace fix”. Biasanya script kode ini cukup ampuh mengatasi permasalah error pada sitemap.

Silahkan download dulu wejnswpwhitespacefix.php

Buka halaman index.php di direktori utama wordpress, lalu tambahkan kode
include(“wejnswpwhitespacefix.php”); setelah

<?php

Hasilnya seperti dibawah ini”

<?php
include("wejnswpwhitespacefix.php");
// Short and sweet
define('WP_USE_THEMES', true);
require('./wp-blog-header.php');
?>

Selesai. Cukup mudah cara untuk mengatasi sitemap yang error. Biasanya cara kedua ini selalu berhasil untuk mengatasi error pada sitemap. Untuk informasi secara lengkap dan lebih terperinci mengenai cara kedu bisa dibaca langsung di http://goo.gl/wYM3Eb

Loading...

Hasil pencarian:

cara mengambil kode batang bbm sendiri
Cara Mengatasi Sitemap Error “XML Parsing Error: XML or text declaration not at start of entity” | admin | 4.5