Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar atau Sembelit | IniCaraku.com

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar atau Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar merupakan salah satu masalah pencernaan yang membuat perut terasa penuh dan bisa menimbulkan masalah saluran pencernaan lainnya.

Jika Anda adalah termasuk salah satu orang yang sering sulit buang air besar, silahkan coba ikuti tiga cara mudah untuk melancarkan buang air besar berikut ini.

1. Pijat perut

Memijat secara perlahan perut Anda setiap hari juga bisa membantu melancarkan buang air besar. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk memijat perut. Lakukan pemijatan selama 15 menit setiap hari, selain melancarkan buang air besar, cara ini bisa membuat perut lebih nyaman.

2. Makan perlahan

Jika Anda termasuk orang suka makan dengan cepat dan terburu-buru sebaiknya segera ubah kebiasaan Anda. Makan dengan cepat membuat potongan-potongan makanan yang tertelan masih dalam ukuran besar.

Dengan potongan besar, proses penghancuran makanan dalam perut pun lebih sulit dan lama. Cara ini membuat Anda sulit buang air besar secara teratur. Jika buang air besar, biasanya akan terasa keras. Untuk itu, selalu kunyah makanan secara perlahan agar mudah diproses tubuh.

3. Konsumsi magnesium

Magnesium merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan fungsi saraf, menjaga daya tahan, dan juga bisa membantu melancarkan buang air besar. Hal itu karena magnesium membantu proses asimilasi dan sintesis protein dari makanan.

Untuk mendapatkan magnesium Anda bisa mengonsumsi sayuran, produk gandum, dan kacang-kacangan. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen magnesium dengan dosis 350 miligram setiap hari.

Semoga setelah mempraktekkan tiga cara mengatasi susah buang air besar diatas, sembelit dan susah buang air besar anda bisa segera normal kembali.

IniCaraku.com Search form