Cara Mengembalikan File atau Folder yang Disembunyikan Oleh Virus | IniCaraku.com

Cara Mengembalikan File atau Folder yang Disembunyikan Oleh Virus

Virus komputer semakin hari semakin banyak jenis dan variannya. Beberapa jenis virus komputer ada yang dibuat dengan tujuan untuk mencuri data atau file pemilik komputer, sekedar merusak sistem dan ada juga yang hanya sekedar iseng yang membuat pemilik komputer jengkel.

Beberapa hal yang biasa terjadi setelah kita berhasil membersihkan virus komputer adalah masih adanya sistem registry yang tidak atau belum bisa kembali secara normal yang salah satunya adalah berakibat adanya file atau folder yang disembunyikan atau di-hidden oleh virus.

Beberapa antivirus seperti SmadAV begitu kita selesai melakukkan scanning virus maka akan ada pilihan untuk mengembalikan atau menampilkan file atau folder yang telah disembunyikan oleh virus (misalnya virus shortcut). Namun bila ternyata tetap ada file atau folder yang masih tersembunyi, anda bisa coba mengembalikan sendiri dengan cara manual melalui Command Prompt atau CMD. Berikut ini caranya:

  1. Masuk command prompt dengan cara klik [Start] sehingga muncul kotak [Run..] atau bisa juga dengan tekan keyboard icon WIN + R kemudian ketik CMD lalu [Enter]
  2. Sekarang dalam jendela command prompt ketik nama drive-nya misalnya E: lalu tekan [Enter]
  3. Maka akan muncul drive yang akan dibuka proteksi hiden foldernya. Dalam contoh diatas berada pada drive E: ( ini disesuaikan dengan drive tujuan pada komputer anda )
  4. Selanjutnya ketik perintah attrib –s –h *.* /s /d lalu tekan [Enter]
  5. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai. Jika selesai maka kursor akan kembali ke E:\>
  6. Silahkan coba lihat atau buka file atau folder yang sekiranya disembunyikan oleh virus.

Semoga informasi tentang cara membuka/mengembalikan file atau folder yang disembunyikan atau di-hidden oleh virus diatas dapat bermanfaat.


IniCaraku.com Search form