Loading...

Paling Mudah! Ini Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Kehilangan file atau folder berisi data penting seperti foto atau video di komputer atau laptop sangat mungkin terjadi pada siapa saja, dan mungkin anda yang mengalaminya saat ini. Entah itu karena tanpa disengaja atau memang sengaja dihapus namun tidak menyadari betapa pentingnya isi dalam file atau folder tersebut. Lantas, bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di laptop tersebut?

Yang pertama, pastikan jangan panik dulu. Anda bisa terlebih dahulu mencari file yang hilang di folder Recycle Bin. Umumnya file yang dihapus masih tersimpan di folder ini. Namun bila tidak ada, mungkin karena anda memilih menghapus secara permanen atau telah mengosongkan isi Recylce Bin, anda bisa coba tip berikut tanpa perlu aplikasi untuk mengembalikan file yang terhapus.

Jika Anda tidak dapat menemukan file di komputer Anda atau Anda secara tidak sengaja memodifikasi atau menghapus file, Anda dapat mengembalikannya dari cadangan (jika Anda menggunakan cadangan Windows) atau Anda dapat mencoba mengembalikannya dari versi sebelumnya. Versi sebelumnya adalah salinan file dan folder yang secara otomatis disimpan Windows sebagai bagian dari titik pemulihan. Versi sebelumnya terkadang disebut sebagai salinan bayangan.

loading...

Untuk mengembalikan file atau folder yang terhapus

  1. Buka komputer dengan mengklik tombol Start, lalu klik Computer.
  2. Arahkan mouse ke folder yang dulunya berisi file atau folder, klik kanan, lalu klik Restore previous versions. Jika folder berada di tingkat atas drive, misalnya C: \, klik kanan drive, lalu klik Restore previous versions.

Anda akan melihat daftar versi file atau folder yang tersedia sebelumnya. Daftar ini akan mencakup file yang tersimpan pada cadangan (jika Anda menggunakan Windows Backup untuk mencadangkan file Anda) serta mengembalikan poin, jika kedua jenis tersedia.
Cara Mengembalikan File atau Folder yang Hilang Hilang Terhapus
Catatan
Untuk mengembalikan versi file atau folder sebelumnya yang disertakan dalam perpustakaan, klik kanan file atau folder di lokasi penyimpanannya, bukan di perpustakaan. Misalnya, untuk mengembalikan versi gambar sebelumnya yang disertakan dalam perpustakaan Pictures namun disimpan di folder My Pictures, klik kanan folder My Pictures, lalu klik Restore previous versions.

  1. Klik dua kali versi sebelumnya dari folder yang berisi file atau folder yang ingin Anda pulihkan. (Misalnya, jika file telah dihapus hari ini, pilih versi folder dari kemarin, yang seharusnya berisi file.)
  2. Seret file atau folder yang ingin Anda pulihkan ke lokasi lain, seperti desktop atau folder lain.
    Versi file atau folder disimpan ke lokasi yang Anda pilih.

Tip
Jika Anda tidak ingat nama file atau folder yang tepat atau lokasinya, Anda dapat mencarinya dengan mengetikkan bagian dari nama di kotak pencarian di perpustakaan Document.

Untuk cara mengembalikan file atau folder yang terhapus ke keadaan sebelumnya:

1. Klik kanan file atau folder, dan kemudian klik Kembalikan versi sebelumnya.

Anda akan melihat daftar versi file atau folder yang tersedia sebelumnya. Daftar ini akan mencakup file yang tersimpan pada cadangan (jika Anda menggunakan Windows Backup untuk mencadangkan file Anda) serta mengembalikan poin, jika kedua jenis tersebut tersedia.

2. Sebelum mengembalikan versi file atau folder sebelumnya, pilih versi sebelumnya, lalu klik Open untuk melihatnya untuk memastikan itu adalah versi yang Anda inginkan.

Catatan
Anda tidak dapat membuka atau menyalin versi file sebelumnya yang dibuat oleh Windows Backup, namun Anda dapat memulihkannya.

3. Untuk mengembalikan versi sebelumnya, pilih versi sebelumnya, lalu klik Restore.

PERINGATAN
File atau folder menggantikan versi saat ini di komputer Anda, dan penggantinya ini tidak dapat dibatalkan.

Catatan
Jika tombol Restore tidak tersedia, maka Anda tidak dapat mengembalikan versi file atau folder sebelumnya ke lokasi asalnya. Anda mungkin bisa membukanya atau menyimpannya ke lokasi lain.

Loading...

Hasil pencarian:

PDF converter free
Paling Mudah! Ini Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop | admin | 4.5