Loading...

Gampang! Ini Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Memory Card HP Android dan Laptop

Memory card atau kartu biasa digunakan untuk menyimpan file video, musik, foto atau dokumen. Namun entah sengaja atau tidak, bisa jadi anda menghapus file penting tersebut. Jangan khawatir ataupun panik, karena ada cara mengembalikan file yang terhapus di memory card yang mudah dilakukan. Selengkapnya mengenai bagaimana caranya akan kita bahas di sini.

Penggunaan memory card sudah menjadi hal wajib bagi pengguna Android, terutama bagi mereka yang punya hobi foto selfi. Ukuran atau kapasitasnya pun bervariasi. Karena dengan semakin besarnya kualitas kamera yang dimiliki maka akan membutuhkan kartu memori yang besar pula.

Salah satu cara mengembalikan data yang terhapus bisa anda gunakan bantuan Recuva, aplikasi mengembalikan foto yang terhapus di android. Aplikasi ini akan membantu anda untuk mengembalikan file yang terhapus di android. Tidak hanya yang dalam bentuk foto atau gambar, namun video, lagu atau musik dan juga dokumen pun bisa.

loading...

Tidak hanya memory card di perangkat smartphone Android saja yang bisa dikembalikan file atau datanya. Karena ini juga bisa jadi cara mengembalikan file yang terhapus di laptop atau PC yang bisa anda lakukan ketika kehilangan data seperti video, foto atau dokumen penting lainnya di drive harddisk.

Tips Agar Berhasil Me-recovery File atau Data yang Hilang dan/atau Terhapus

Tips agar cara mengembalikan file yang hilang semakin besar prosentase suksesnya, maka ketika anda menyadari ada file yang hilang, langkah ini sebaiknya langsung anda lakukan. Jangan kemudian anda sudah tahu ada file penting yang hilang anda masih gunakan HP untuk berfoto selfi. Karena bisa jadi sektor atau lokasi file yang terhapus ditempati oleh file baru. Bila ini terjadi, maka kemungkinan file berhasil dikembalikan sangat kecil.

OK. Selanjutnya kita akan bahas cara mengembalikan file yang hilang di memory card.

Sebenarnya ada banyak cara mengembalikan file yang terhapus yang bisa dilakukan. Terutama untuk software atau aplikasinya. Namun kali ini seperti yang sudah saya bilang diatas, saya akan mencontohkan untuk penggunakan aplikasi Recuva.

  1. Yang pertama pastikan anda sudah mendownload aplikasinya di sini.
  2. Install aplikasi tersebut di komputer. Terserah anda mau install di komputer punya sendiri, pinjam punya teman, atau di warnet juga bisa.
  3. Lepas memory card, masukkan ke card reader dan hubungkan ke komputer.
  4. Jalankan aplikasi Recuva di komputer yang sudah diinstall tadi.

    Cara Mengembalikan Data File Foto dan Video Yang Hilang dan Terhapus di Memory Card Hp Android dan laptop

    Cara Mengembalikan Data File Foto dan Video di Memory Card Hp Android dan laptop

  5. Pilih lokasi atau drive memory card (ini biasanya tergantung dari berapa banyak drive yang ada di komputer).
  6. Setelah memilih drive memory card yang ingin di-recovery, selanjutnya klik tombol Scan disampingnya dan tunggu sampai prosesnya selesai berjalan
  7. Nantinya setelah proses scanning selesai, maka akan muncul daftar file baik itu foto, video atau dokumen yang terhapus.
  8. Anda bisa mencari dan memiliki apa-apa saja yang ingin dikembalikan. Disini ada tiga ikon berbeda yang bisa anda lihat. Yaitu warna merah, kuning dan hijau.
  9. Ikon hijau dan kuning artinya masih bisa terselamatkan. Sementara bila file yang anda cari ada ada ikon merah, itu artinya sudah tidak bisa diselamatkan lagi dan anda harus merelakannya untuk hilang selamanya. Atau mungkin anda bisa coba lagi menggunakan aplikasi untuk recovery lainnya.
  10. Setelah berhasil menemukan file yang ingin dikembalikan, maka centanglah file-file tersebut, lalu klik ‘Recover…’ dibawah tampilan aplikasi sebelah kanan.
  11. Silahkan anda pilih folder dimana mau menyimpan file nantinya.
  12. Tunggu sampai proses recovery-nya selesai.
  13. Setelah proses selesai maka akan muncul pemberitahuan, dan kini file anda sudah terselamatkan.

Disini saya kembali ingatkan, ketika anda kehilangan suatu file atau data penting di memory card atau harddisk, baik itu berupa video, foto ataupun lagu, maka berhentilah melakukan aktivitas yang menggunakan memory card dan segeralah lakukan proses recovery. Hal ini sangat penting dan perlu dilakukan untuk memaksimalkan proses recovery nantinya. Semakin banyak aktivitas proses yang dilakukan dengan memory card maka kemungkinan file yang hilang berhasil diselamatkan akan semakin kecil.

Selain dengan aplikasi Recuva, masih ada banyak lagi aplikasi untuk mengembalikan file yang hilang atau terhapus yang bisa anda coba untuk gunakan. Misalnya saja Wise Data Recovery, Pandora Recovery yang tersedia dalam versi gratis juga ada versi premiumnya. Atau anda juga bisa menggunakan aplikasi yang berbayar yang tentunya ini seharusnya lebih baik dan lebih ampuh untuk mengembalikan foto dan video yang hilang di memory hp Android atau harddisk komputer laptop seperti Kernel Data Recovery dan Stellar Phoenix Windows Data Recovery.

Selain dapat digunakan sebagai cara mengembalikan foto yang terhapus di hp, aplikasi Recuva ini juga bisa menjadi cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk anda.

Loading...

Hasil pencarian:

ucapan idul fitri buat pacar yang jauh, mengembalikan file terhapus clean master android, cara mengembalikan foto yang terhapus di clean master, cara memperbaiki rice cooker nyetrum, cara mengembalikan foto yang sudah dihapus di clean master, nama fb yg sulit di cari, cara mengembalikan file yang terhapus clean master, nama fb yang sulit dicari, magic com nyetrum com, cara mengembalikan foto yang terhapus karena clean master, aplikasi bbm di blackberry tidak bisa dihapus, cara mengatasi celana jeans yang melar, cara mengatasi body mejikom nyetrum, cara mengembalikan file yg terhapus karena clean master, cara mengembalikan film yang sudah dibersihkan menggunakan clean master
Gampang! Ini Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Memory Card HP Android dan Laptop | admin | 4.5