Loading...

Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Tubuh Berdasarkan Warna Air Kencing

Urin atau air kencing adalah produk limbah dari tubuh yang tidak mengandung racun. Urin mengandung 95 persen air, 2,5 persen urea dan sisanya 2,5 persen merupakan peleburan hormon, enzim, garam dan mineral. Warna urin normal biasanya kuning bercahaya karena merupakan hasil ekskresi (pengeluaran) pigmen yang ditemukan dalam darah yang disebut urochrome. Tapi urin bisa berubah warna, sesuai makanan atau penyakit yang diderita seseorang.

Selain bisa menjadi indikator jenis kelamin calon bayi yang sedang dikandung, warna air kencing bisa menandakan adanya masalah dalam tubuh. Berikut ini adalah jenis-jenis warna urin yang bisa menjadi pertanda atau indikator kesehatan tubuh.

Air Kencing Tidak Ada Warna, Transparan
Ini artinya anda minum air terlalu banyak. Karena itu, coba kurangi sedikit jumlah air yang dikonsumsi.

loading...

Air Kencinga Berwarna Kuning Transparan
Ini adalah warna air kencing yang normal. Ini juga menandakan bahwa anda mendapat cukup air.

Air Kencing Berwarna Kuning Gelap
Walau ini juga bisa dianggap normal, namun anda harus segera minum air putih.

Air Kencing Berwarna seperti Warna Madu
Warna air kencing seperti ini artinya tubuh anda kekurangan cairan, segera minum air sekarang juga!

Air Kencing Berwarna Cokelat Kehijauan
Hal ini terjadi kemungkinan karena anda mungkin mengalami masalah hati atau dehidrasi berat. Minum air dan segera konsultasikan pada dokter untuk mengetahui kepastian penyebabnya.

Air Kencing Berwarna Pink Kemerahan
Jika Anda baru makan bit, blueberry atau buah-buahan dengan warna ungu pekat, kemungkinan ini adalah warna alami buah yang terbuang. Namun bila ternyata anda tidak makan buah-buahan itu tapi memiliki warna air kencing seperti ini, maka anda mungkin mengalami pendarahan di saluran kencing. Warna ini juga bisa menandakan adanya masalah ginjal, tumor, infeksi kandung kencing, masalah prostat atau masalah lain. Warna air kencing ini juga bisa menandakan anda keracunan merkuri. Karena itu, segeralah periksa ke dokter.

Air Kencing Berwarna Orange
Anda mungkin tidak cukup minum air. Atau bisa jadi karena ada masalah hati atau empedu. Bisa juga karena pewarna makanan. Segera hubungi dokter untuk mengetahui penyebab sebenarnya.

Air Kencing Berbuih
Beberapa orang kadang mengalami masalah air kencing yang berbuih atau tampak seperti soda. Hal ini bisa disebabkan karena efek hidrolik yang tidak berbahaya. Bisa juga menjadi sinyal adanya kelebihan protein dalam makanan sehari-hari. Atau kemungkinan lain adalah ada masalah pada ginjal anda.

Cara Mengetahui Jumlah Kecukupan Cairan Tubuh

Warna air kencing juga bisa menjadi indikator untuk mengetahui kecukupan konsumsi cairan tubuh kita. Semakin banyak air yang kita konsumsi, maka warna kuning pada air kencing akan semakin pudar. Semakin jernih dan bening urin kita maka menunjukkan kita kelebihan cairan. Sebaliknya, bila air kencing berwarna kuning pekat maka hal itu mengindikasikan kita kurang minum atau dehidrasi.

Kelebihan maupun kekurangan cairan sama-sama tidak sehat. Maka dari itu, atur konsumsi cairan kita sehari sekitar 2 liter Jika ingin lebih tepat, gunakan rumus 1 cc tiap 1 kalori kebutuhan makan kita. Jadi bila kita makan sehari 2000 kalori, maka kebutuhan cairan kita adalah 2000 cc.

Selain dengan melihat warna air kencing atau urin, warna kuku juga bisa menjadi indikator kondisi kesehatan tubuh kita.

Loading...
Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Tubuh Berdasarkan Warna Air Kencing | inicarak | 4.5