Cara Menghentikan & Menghilangkan Kebiasaan Mengompol pada Anak | IniCaraku.com

Cara Menghentikan & Menghilangkan Kebiasaan Mengompol pada Anak

Mengompol saat tidur malam hari biasa terjadi pada saat si buah hati masih anak-anak. Namun pada kondisi tertentu kadang anak masih tetap suka mengompol saat malam hari walaupun dia sudah sekolah SD. Padahal idealnya setelah usia lima tahun anak harus berhenti mengompol. Sebab, pada usia lebih dari 18 bulan saja anak sudah mulai bisa diajak untuk beralih dari popok ke toilet. Ketika itu, otot-otot kandung kemihnya sudah lebih matang.

Sebelum berusaha untuk mengobati atau membantu menghilangkan kebiasaan mengompol pada anak, terlebih dahulu perlu diketahui apa sebenarnya penyebab dia mengompol. Perhatikan juga kapan waktu atau jam-jam saat dia mengompol.

  1. Latih anak untuk minum 30 menit sebelum tidur kemudian suruh atau bawalah anak anda ke kamar mandi untuk buang air kecil menjelang tidur. Diharapkan ketika berangkat tidur, kadung kemihnya dalam keadaan kosong. hal tersebut sangat efektif mencegah anak Bunda berhenti mengompol.
  2. Lihat pola ngompolnya anak, kalau anak biasa ngompol jam 1-an, sebelum jam 1 kita sudah bangunkan, kalau tidak mau bangun digendong ke kamar mandi untuk kita pancing pipis.
  3. Atau bisa juga dengan membangunkan anak untuk buang air kecil saat malam hari di pertengahan saat dia tidur. Jika jam tidur anak delapan jam, coba bangunkan anak 4 jam setelah tidur.
  4. Berikan konsekuensi pada anak yang suka mengompol. Misalnya ajak anak mencuci bekas ompol, angkat seprai, dan celana bekas ompol. Harus ada kesadaran bahwa ada konsekuensi kalau anak mengompol. Kemudian kalau dia tidak mengompol, beri hadiah. Dengan demikian, mereka akan tepacu dan berusaha lebih baik dalam mengatasi masalahnya sendiri.
  5. Ciptakan kondisi yang baik dan kondusif buat mereka. Hidupkan lampu toilet sepanjang malam, agar mereka bisa berjalan sendiri ketika semua telah tertidur. Namun jika mereka enggan kekamar kecil, sediakan pis pot disamping kamar tidur sehingga ketika terbangun, ada tempat bagi mereka untuk buang air kecil.
  6. Rajin-rajin untuk mengingatkan anak buang air kecil. Ini akan membuat anak tidak malas buang air kecil.
  7. Jangan berikan popok yang seakan membiarkan atau memperbolehkan anak buang air kecil di kasur atau di celana.

Ada tips lain yang saya coba ambil dari kompasiana. Meski ini terlihat sangat tidak rasional, namun mungkin perlu anda coba karena menurut pengalamannya ini berhasil.

Sebelum anak-anak berangkat tidur atau kalau anak-anak sudah masuk kamar tidurnya, pergi ke depan pintu kamar dan usapkan tangan pada gagang pintu dengan niat agar anak kita tidak ngompol lagi. Selanjutnya, tangan yang tadi dipakai mengusap gagang pintu disentuhkan pada alat kelamin anak tersebut.

Selamat mencoba dan semoga anak anda bisa menghilangkan kebiasaan mengompolnya saat tidur malam hari.


IniCaraku.com Search form