Loading...

Cara Menghentikan Produksi ASI yang Alami

Sebagai seorang ibu, sangat dianjurkan untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada bayinya. Hal ini penting dilakukan mengingat ASI merupakan sumber makanan terbaik untuk bayi hingga usia 6 bulan.

Namun karena beberapa hal menyebabkan seorang ibu harus berenti untuk memberikan ASI kepada bayinya. Misalnya karena ibu harus bekerja atau karena usia bayi yang sudah lewat 2 tahun.

Bila ada ibu yang susah payah mencari cara untuk meningkatkan produksi ASI, ada juga ibu yang justru memiliki produksi ASI secara berlebihan sehingga ASI terus keluar walau sudah berhenti menyusui.

Tentunya ASI yang terus keluar tersebut membuat tidak nyaman. Sehingga diperlukan pengetahuan mengenai cara alami untuk menghentikan produksi ASI.

Bahan Alami untuk Menghentika Produksi ASI

Untuk cara menghentikan produksi ASI, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan. Berikut diantaranya:

1. Daun kubis

Anda bisa terapkan daun kubis segar di atas payudara dan biarkan daun melekat selama beberapa hari. Bila daun sudah layu, gantilah dengan yang baru. Hal ini terkadang dapat membantu ibu untuk mengeringkan pasokan ASI.

2. Teh sage

Salah satu jenis teh herbal yang dapat mempercepat proses untuk menghentikan produksi ASI adalah teh sage. Karena itu anda bisa coba konsumsi jenis teh ini tiga kali sehari dan lakukan hal ini dengan rutin agar produksi ASI bisa segera berhenti.

3. Air putih

Dehidrasi ternyata akan membuat payudara menghasilkan lebih banyak susu. Akibatnya, anda akan merasa lebih tidak nyaman. Untuk itu, perbanyak mengkonsumsi air putih. Hal ini akan mempercepat proses pengeringan ASI.

4. Es batu

Anda bisa mengompres payudara menggunakan kemasan es dua kali dalam sehari. Hal ini bertujuan untuk membantu menghentikan produksi susu dan mengurangi pembengkakan yang terjadi pada payudara.

5. Peppermint

Semua jenis makanan yang memiliki cita rasa peppermint dapat membantu untuk mengeringkan ASI sekaligus menghentikan proses produksinya. Untuk itu anda bisa coba untuk mengkonsumsi teh peppermint atau permen peppermint setiap hari.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat membantu menghentikan produksi ASI dengan segera sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Cara Menghentikan Produksi ASI yang Alami | inicarak | 4.5