Loading...

Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Ikan menjadi salah satu menu olahan favorit masyarakat Indonesia. Tingginya kandungan protein di dalam ikan serta mudah dicerna menjadi salah satu alasan kenapa kita harus mengonsumsi ikan.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam ikan tidak hanya protein saja, namun beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh pun ada. Misalnya saja selenium, yaitu sejenis mineral yang teterkandung didalam tubuh ikan bekerjasama dengan vitamin E akan berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh kita dan juga berguna untuk mempertahankan elastisitas jaringan.

Ketika tubuh kekurangan vitamin E, maka yang terjadi kemungkinan adalah penuaan dini yang akan membuat seseorang terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Bila kita tidak ingin yang demikian terjadi, maka konsumsilah ikan secara teratur.

Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Daging Ikan

Sayangnya, tidak jarang orang kurang menyukai menu olahan ikan, salah satunya adalah karena banyaknya duri atau tulang di dalam daging ikan. Juga yang menjadi alasan kenapa orang tidak suka daging ikan juga adalah karena bau amis yang muncul pada ikan.

Tapi jangan khawatir, ada cara mudah menghilangkan bau amin pada ikan yang bisa dilakukan. Beberapa diantaranya cara menghilangkan bau amis pada daging ikan diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Cuka

Cuka juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Untuk melakukannya, setelah ikan dicuci bersih, rendamlah dengan air cuka selama 30 menit sebelum diolah. Manfaat dari penggunaan cairan cuka adalah untuk menjaga agar ikan tidak berbau amis pada masa tunggu sebelum dimasak.

2. Daun serai dan asam jawa

Untuk menghilangkan bau amis juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan serai dan asam jawa. Caranya adalah setelah ikan dicuci bersih, remas daun serai dan asam jawa, lalu balurkan pada ikan. Selanjutnya diamkan selama 20 menit, baru setelah itu cuci bersih kembali ikan sebelum di olah.

3. Jahe dan bawang putih

Untuk menghilangkan bau amis, ikan yang sudah dibersihkan bisa direbus sebentar dengan potongan jahe. Atau dengan cara kedua, yaitu bawang putih dan jahe dirajang halus. Lalu lumuri ikan dengan ranjangan ini sampai ke sisi ikan yang terdalam. Tunggu sekitar 15 menit setelah itu ikan dibersihkan kembali

4. Mentimun

Untuk cara membersihkan bau amis pada ikan jenis belut, cumi dan gurita penggunaan mentimun bisa lebih maksimal untuk menghilangkan bau amis. Caranya adalah bersihkan dulu belut, cumi ataupun gurita sampai bersih setelah itu beri parutan buah mentimun sembari di remas-remas. Diamkan selama sekitar 20 menit. Untuk kemudian dicuci lagi sampai bersih dan siap untuk diolah sesuai keinginan.

5. Gunakan Garam dan Air Jeruk

Garam dan air jeruk bisa menjadi solusi untuk menghilangkan bau amis ikan yang bisa dicoba. Dengan menggunakan garam maka minyak ikan yang berbau amis yang masih menempel dapat keluar melalui bantuan garam. Namun penggunaan garam ini tidak dianjurkan bagi yang memiliki masalah dengan darah tinggi atau sedang menjalani diet rendah garam. Sementara itu fungsi dari penggunaan air jeruk lemon disamping menghilangkan bau amis juga berfungsi untuk menurunkan kadar asin yang dikandung ikan disamping itu juga agar ikan masih dalam kondisi segar saat memasaknya.

Adapun cara menghilangkan bau amis pada daging ikan yaitu cukup mudah. Yang pertama, cucilah ikan di air mengalir. Bilaslah ikan dengan bersih sampai ke sela-sela terdalam karena ada kotoran hitam yang terdapat dibawah kepala ikan tersebut yang menjadi sumber bau amis.

Setelah ikan bersih, kemudian lumuri dengan garam dan tambahkan air jeruk nipis/jeruk lemon, olesi sampai rata. Untuk setiap 1 kg ikan laut dibutuhkan 3-4 sdm air jeruk lemon. Sementara untuk jenis ikan air tawar dibutuhkan cukup 2 sdm air jeruk. Setelah itu ikan dicuci kembali. Cara ini bisa dilakukan hal sebanyak 3 kali. Terakhir, setelah dilumuri garam dan jeruk nipis diamkan selama 20 menit , lalu dicuci bersih lagi sebelum diolah.

loading...
Loading...
Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan | inicarak | 4.5