Loading...

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Saat Bekerja di Kantor

Coba perhatikan dan koreksi diri apakah Anda pernah melakukan kebiasaan buruk di kantor? Sebagai contoh Anda terbiasa untuk berkata kasar ntah kepada klien atau kepada bos Anda, menunda pekerjaan dan mengerjakankan ketika akan segera deadline dan punya kebiasaan main game atau melakukan hal yang tidak perlu ketika bekerja. Kalau sering melakukan hal tersebut, sebaiknya mulailah untuk mengubahnya karena hal ini bisa merusak reputasi Anda. Apalagi Anda melakukannya sama saja di depan umum, bukan?

Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk saat bekerja di kantor? Coba perhatikan beberapa saran berikut ini:

1. Mengatasi berkata kasar / sumpah serapah
Apa yang Anda ucapkan itulah cerminan diri Anda. Berkata kasar / sumpah serapah hanya akan membuat reputasi Anda menjadi buruk, bukan hanya reputasi Anda tetapi juga nama baik perusahaan yang Anda bawa.

loading...

Supaya bisa menghilangkan kebiasaan berkata kasar / sumpah serapah, Anda harus mencamkan dalam pikiran Anda bahwa ada konsekuensinya. Berkata kasar bukan sesuatu yang keren. Terutama bagi yang fresh graduate, biasanya belum memiliki pengalaman sehingga cenderung berkata kasar dan naik pitam tetapi tidak menutup kemungkinan yang sudah lama bekerja juga seperti itu. Ketika ada yang mengesalkan hati Anda, tarik nafas dan tahan kemudian keluarkan dengan perlahan. Hal tersebut akan mencegah Anda untuk bersumpah serapah.

2. Menunda-nunda pekerjaan
Pikiran untuk menunda-nunda dan berkata: “Ah, masih ada waktu.” membuat Anda bersantai-santai dan tidak siaga. Yang ada adalah Anda sibuk mengerjakan hal-hal yang tidak perlu, nah ketika deadline akan tiba barulah mengerjakan tugas tersebut dengan sistem kebut semalam. Tugas mungkin saja selesai tapi hasil tidak optimal bahkan sering kali tidak terselesaikan.

Cara mengatasinya adalah ketahui konsekuensi jika Anda menunda pekerjaan. Lebih baik selesaikan terlebih dahulu pekerjaan Anda dan Anda akan punya cukup banyak waktu untuk melakukan kegiatan-kegiatan lainnya yang Anda inginkan – dengan tenang tanpa dibayangi deadline. Selain itu, Anda bisa belajar mendisiplin diri dan ini berguna bagi Anda untuk meraih jabatan yang lebih tinggi.

3. Bermain game saat jam kerja
Karena merasa punya waktu luang, beberapa pekerja berpikir mereka bisa menyegarkan otak dengan bermain game online atau sekadar bermain solitaire. Anda mungkin berpikir cuma sepuluh menit saja tetapi kenyataan yang terjadi adalah Anda bisa keterusan untuk bermain game hingga berjam-jam. Produktivitas Anda pun menjadi turun disertai dengan reputasi karena pekerjaan Anda tidak selesai.

Cara menanggulangi kebiasaan ini cukup mudah, Anda hanya butuh kemauan untuk meng-uninstall semua game dalam komputer Anda. Ingat tanggung jawab Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Jika Anda masih ingin bermain game, lakukanlah pada jam istirahat atau di rumah saja. Jika sudah masuk jam kerja, berupayalah untuk fokus!

Loading...
Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Saat Bekerja di Kantor | inicarak | 4.5