Loading...

Cara Menghilangkan Komedo yang Ada di Hidung dengan Mudah

Minyak dan kotoran yang terjebak di pori-pori bisa menyebabkan komedo berkembang dengan cepat. Munculnya komedo berupa bintik-bintik hitam di sekitaran hidung ini memang seringkali dianggap sangat mengganggu penampilan, terutama bagi kaum wanita.

Meski komedo bisa muncul pada semua jenis kulit, namun orang dengan jenis kulit berminyaklah yang paling sering bermasalah dengan komedo. Ada dua jenis komedo atau bintik hitam yang dikenal, yaitu komedo yang terbuka dan komedo yang tertutup kulit. Umumnya komedo berbentuk kecil dan hanya menyerupai bintik-bintik hitam di hidung, namun ada kalanya komedo bisa tumbuh besar seperti jerawat yang seringkali disertai dengan rasa sakit.

Cara Mudah Menghilangkan Komedo di Hidung

Sebenarnya ada berbagai cara untuk menghilangkan komedo pada hidung. Mulai dari melakukan pengangkatan sendiri di rumah atau bisa dengan memeriksakan ke dokter kulit atau dermatologis. Anda bisa memilih cara yang paling sesuai dengan jenis komedo dan kulit anda.

loading...

Berikut ini adalah beberapa contoh cara mudah menghilangkan komedo di hidung yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Diantaranya:

1. Madu dan kayu manis

Madu merupakan bahan antibiotik alami yang bisa berperan dalam mengeluarkan kotoran dari pori.

Untuk cara menghilangkan komedi di hidung, campurkan satu sendok teh madu dengan setengah sendok teh kayu manis bubuk. Oleskan pada wajah dengan gerakan memutar setidaknya selama tiga menit, kemudian cuci wajah dengan air hangat.

2. Masker putih telur

Manfaat masker putih telur bisa membantu untuk mengencangkan pori, sekaligus untuk membersihkan kotoran pada kulit wajah.

Untuk cara menghilangkan komedo di hidung cukup mudah. Terlebih dahulu pisahkan putih dari kuning telur. Oleskan putih telur pada wajah dan tunggu hingga dua menit hingga mengering, lalu tambahkan lagi sisa putih telur. Tunggu hingga sekitar 10 menit sampai mengering dengan sendirinya. Terakhir, bilas dengan air hangat.

3. Scrub jus lemon

Untuk cara menghilangkan komedo di hidung juga bisa menggunakan scub. Adapun cara membuat scrub untuk mengangkat komedo yaitu dengan mencampurkan air lemon, satu sendok teh yoghurt, madu, dan satu sendok teh garam halus. Usapkan dengan gerakan memutar selama 2 -3 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

4. Strip pori

Strip pori atau pore pack adalah strip yang ditempelkan pada hidung selama beberapa saat untuk kemudian dikelupas. Nantinya komedo yang tertempel akan ikut terangkat bersamaan dengan strip. Alat strip pori atau pore pack ini bisa dibeli di supermarket atau apotik dengan harga yang murah. Ini merupakan metode cepat serta tepat digunakan pada kulit berminyak atau kombinasi. Namun hal yang perlu diwaspadai adalah metode ini kemungkinan bisa ikut mengangkat lapisan epidermis kulit hidung.

Sementara untuk mengurangi produksi komedo di hidung bisa dilakukan dengan kompres air hangat. Caranya adalah rendam handuk dalam air hangat dan bilas dengan baik. Kompres daerah hidung atau yang berkomedo. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari sehingga kelenjar sebaceous akan menghasilkan lebih sedikit minyak dan komedo pun berkurang.

Loading...
Cara Menghilangkan Komedo yang Ada di Hidung dengan Mudah | admin | 4.5