Loading...

Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pada Pare

Pare merupakan salah satu jenis sayur yang memiliki cita rasa pahit. Jenis sayuran lain yang juga memiliki cita rasa pahit lainnya misalnya adalah kembang kates dan daun kates atau daun pepaya. Meski demikian, sayur pare merupakan yang memiliki cita rasa paling pahit.

Walaupun rasa pare yang lumayan pahit, nyatanya masih banyak orang yang menyukai sayur pare. Anda mungkin salah satu yang juga menyukai sayur pare.

Sebenarnya, bila anda tidak menyukai rasa pahit pada sayur pare yang anda olah, maka anda bisa menghilangkan rasa pahit atau minimal mengurangi rasa pahitnya. Karena memang dengan beberapa teknik tertentu kita bisa mengurangi rasa pahit dari sayur pare ini.

Proses pengolahan yang tepat sebelum memasak sayur pare bisa menjadikan hasil olahan pare bisa mengurangi kepekatan rasa pahit dari pare. Memang untuk menghilangkan sama sekali rasa pahit pare sepertinya tidak mungkin. Akan tetapi kalau sekedar mengurangi hingga lidah kita bisa mentolerirnya bisa dilakukan.

Cara untuk Menghilangkan Rasa Pahit Pare

Adapun cara untuk menghilangkan rasa pahit pada pare pahit bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan tambahan. Seperti misalnya dengan garam, gula dan proses perebusan.

Garam

Setelah pare dibelah dan dibersihkan bijinya, hilangkan selaput putih yang ada di dalamnya juga. Kemudian, iris pare tipis-tipis, dan remas dengan ditambahkan garam. Diamkan sampai pare ini lemas. Baru setelah itu anda cuci dengan air panas untuk selanjutnya bisa anda olah menjadi masakan yang lezat sesuai selera.

Direbus

Merebus pare juga bisa untuk membantu mengurangi rasa pahit pare. Masih menggunakan bantuan dari garam, caranya adalah cukup dengan merebus sebentar pare di dalam air garam selama beberapa menit sampai pare sedikit empuk. Angkat dan tiriskan pare. Anda pun bisa lanjutnya dengan mengolah sayur pare sesuai selera.

Gula pasir

Masih sama dengan cara menghilangkan rasa pahit pare, hanya kita ganti saja garam dengan gula. Proses lainnya tidak jauh beda. Belah dan lalu bersihkan pare dari bijinya, juga selaput putih di dalamnya. Kemudian iris tipis dan remas dengan campuran gula pasir sampai pare lemas. Diamkan sampai berair untuk kemudian bisa anda cuci sampai bersih. Pare pun bisa diolah menjadi masakan yang lezat dan bergizi.

Selain dengan metode di atas, masih ada cara mengurangi rasa pahit pada sayur pare yang bisa dicoba, yaitu dengan merebus pare dengan tambahan tanah liat atau lempung. Untuk tanah lempung sendiri bisa anda peroleh dengan mencarinya sendiri atau membelinya di pasar tradisional, biasanya banyak yang menjualnya. Karena selain untuk menghilangkan rasa pahit pare, tanah lempung juga biasa digunakan untuk mengurangi rasa pahit pada saat mengolah daun pepaya.

Kandungan Nutrisi Sayur Pare

Di dalam pare terkandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh. Misalnya adalah zat karantin yang berkhasiat sebagai hipoglikemik, menurunkan kadar glukosa darah. Selain itu, pare juga memiliki cukup banyak kandungan vitamin, di antaranya A, B dan C. Dalam setiap 100 gram bagian buah yang bisa dimakan, terkandung sebanyak 29 kal kalori, 1,1 gram protein, 0,3 gram lemak, 6,6 gram karbohidrat, 45 miligram kalsium, 64 miligram fosfor, 1,4 miligram zat besi.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

kenapa wedang jahe pahit, jengkol terasa pahit, jahe pahit, kenapa jengkol rasanya pahit, Penguat Rasa pada ikan, jahe pa, cara menghilangkan pahit pada jahe, cara mengurangi rasa pahit dimasakan karena kebanyakan jahe, mengolah jahe tidak pahit, menghilangkan rasa pait pada jegkol, Mengatasi tertusuk duri salak, knp membuAt wedanv jahe sendiri selalu pahit?, yang membuat jengkol terasa pahit, cara menghilangkan rasa pahit pada wedang jahe, cara mengurangi rasa jahe pada masakan
Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pada Pare | inicarak | 4.5