Cara Mengobati dan Menghilangkan Kutil | IniCaraku.com

Cara Mengobati dan Menghilangkan Kutil

Kutil merupakan benjolan atau peninggian yang kasar pada kulit. Kutil sebenarnya sejenis tumor jinak pada kulit yang berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan.

Kutil disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini memang menyerang kulit dan salah satu jenis penyakitnya yaitu menimbulkan kutil kecil-kecil di telapak tangan.

Bentuk kutil bisa bermacam-macam. Bisa besar-besar atau bisa juga kecil-kecil. Biasanya memang kalau dipegang tidak sakit, dan kalau sudah sangat besar, bisa saja berdarah kalau lecet. Bila sudah besar biasanya bentuknya seperti bunga kol.

Selain menggunakan obat-obatan farmasi yang dijual di apotik atau toko obat, kutil juga bisa diobati dan dihilangkan menggunakan obat tradisional berbahan dasar dari kapur sirih dan sabun colek. Berikut ini caranya:

  1. Ambil sedikit kapur sirih dan sabun colek dengan perbandingan 1:1 sesuai kebutuhan (contohnya : satu cup takar kapur sirih dan satu cup pula sabun colek.
  2. Aduk kedua campuran ramuan obat kutil kita tadi hingga merata dan jangan sampai terlalu kering.
  3. Bersihkan permukaan kulit (khususnya lokasi dimana kutil berada) dengan menggunakan air hangat (suam kuku).
  4. Oleskan ramuan obat tradisional kutil kita tadi pada bagian kutil jangan sampai ramuan melebar ke permukaan kulit lainnya sebab akan menimbulkan iritasi jika kulit terlalu sensistif.
  5. Ulangi pengobatan secara rutin sampai keluhan dan gejala kutil hilang sepenuhnya dari kulit Anda.

Semoga informasi tentang cara mnegobati dan menghilangkan kutil tersebut dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga.

IniCaraku.com Search form