Cara Mengobati Kadas dan Kurap Secara Alami | IniCaraku.com

Cara Mengobati Kadas dan Kurap Secara Alami

Kadas atau kurap adalah suatu infeksi jamur pada kulit yang di sebabkan oleh beberapa jenis jamur yaitu jamur dermatofita yang terbagi 3 genus, yaitu Trichophyton (T), Microsporum (M), dan Epidermophyton (E) dan yang paling sering menjadi penyebab kadas adalah (M) dan (E).

Bila tidak segera di obati, ini akan menyebabkan kulit bersisik, terasa gatal, kasar dan nyeri. Selain itu nantinya juga bisa menyebabkan lepuhan yang berisi cairan, apabila tidak segera di lakukan pengobatan kadas dengan cepat bisa terjadi infeksi bahkan pada usia lanjut bisa mengganggu aliran darah.

Penyakit kadas dan kurap ini sangat menular, terutama pada anak-anak. Kadas dan kurap bisa menyebabkan terbentuknya ruam merah bersisik yang kadang terasa gatal atau menyebabkan kerontokan rambut yang meninggalkan bercak pitak.

Untuk mengobati kadas dan kurap anda bisa cari obat di apotik semisalnya saja kalpanax atau obat panu, kadas dan kurap lainnya.

Selain menggunakan obat modern, kadas dan kurap bisa di obati dengan beberapa obat tradisional dan alami seperti:

  1. Tumbuk lengkuas dan bawang putih dengan perbandingan 1:4. Tambahkan beberapa tetes cuka. Ramuan untuk kadas yang telah menahun siap di gunakan sebagai obat luar. Untuk cara mengobati kadas dan kurap adalah, tempelkan ramuan pada kulit yang terkena kadas. Lakukan secara rutin hingga sembung.
  2. Tumbuk hingga halus rimpang lengkuas. Campur dengan kapur sirih secukupnya. Ramuan siap di gunakan sebagai obat luar. Untuk penggunaannya, gosokan ramuan pada kulit yang terkena kadas hingga terasa panas. Lakukan secara rutin hingga sembuh.
  3. Memarkan dan tumbuk rimpang lengkuas. Campur dengan bawang putih dengan perbandingan lengkuas dan bawang putih 1:4. Campur hingga menjadi campuran halus. Ramuan siap di gunakan sebagai obat luar. Untuk cara pengobatannya, tempelkan ramuan pada kulit yang terkena kadas. Lakukan secara rutin sampai sembuh.
  4. Daun tembakau secukupnya ditumbuk halus lalu dioleskan pada kulit yang terkena kadas. Lakukan secara teratur 1-2 kali sehari.
    Lengkuas (segar) dipotong salah satu ujungnya lalu dicelupkan pada bubuk belerang lalu dioleskan pada kulit yang terkena panu/kadas. Oleskan secara teratur 1-2 kali sehari.
  5. Tumbuk 3 jari batang brotowali dan belerang yang sebesar kemiri sampai halus, lalu remas dengan minyak kelapa seperlunya. Penggunaan : Oleskan di kulit yang terserang kadas, 2 kali sehari.
  6. Siapkan 5 gram daun gude segar dan ¼ sendok teh kapur sirih. Cuci bersih daun gude, tumbuk halus, lalu tambahkan ¼ sendok teh kapur sirih. Setelah itu, aduk sampai rata. Oleskan di kulit yang terkena kadas, 1-2 kali sehari sampai sembuh.
  7. 5 lembar daun jinten dan 3 butir bawang putih ditumbuk halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya, aduk hingga rata, lalu digosokkan pada kulit yang terkena panu. Lakukan secara teratur 1-2 kali sehari.
  8. Cuci bersih daun mimba secukupnya, lalu memarkan hingga halus. Balurkan di bagian yang terkena penyakit tersebut.
    Cuci bersih 500 mg kayu bidara laut, 3 gram daun ketepeng, dan 4 gram rimpang kunyit, lalu rebus dengan 110 ml air hingga mendidih. Dinginkan. Gunakan sebagai kompres di bagian kulit yang terserang kurap. Perbarui ramuan setiap 3 jam.

Semoga informasi tentang tips cara mengobati & menghilangkan kadas dan kurap secara alami menggunakan obat kadas dan kurap tradisional diatas bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga.