Loading...

Cara Mengobati Mimisan Menggunakan Bahan Alami

Mimisan atau pendarah yang terjadi dimana darah keluar dari lubang hidung ini cukup sering terjadi. Umumnya mimisan tidak menandakan kondisi yang membahayakan, namun demikian dalam kondisi tertentu bila mimisan terus dibiarkan bisa membahayakan dan bahkan mengancam jiwa penderitanya.

Secara umum mimisan tidaklah membutuhkan perhatian medis untuk mengatasinya. Karena seringkali pertolongan pertama atau perawatan diri sendiri saja sudah cukup untuk menghentikan pendarahan karena mimisan.

Adapun cara menghentikan mimisan bisa dilakukan sendiri dengan cara yang mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan pertolongan pertama bila anda mengalami mimisan sebagaimana dikutip dari laman DocDoc.com:

loading...
  • Duduklah pada posisi tubuh tegak lurus dan jepit kedua lubang hidung (sambil bernapas melalui mulut anda).
  • Untuk meyakinkan agar darah tidak mengalir ke tenggorokan atau sinus, maka jangan bersandar ke belakang, tetapi ke depan.
  • Berikan tekanan pada hidung sambil duduk tegak selama lima sampai lima belas menit. Tindakan ini akan memberikan tekanan pada pembuluh yang mengalami pendarahan untuk mendorong pembekuan darah dan menghentikan aliran darah.

Obat Alami untuk Menghentikan Mimisan

Selain dengan cara mandiri untuk menghentikan mimisan seperti di atas, anda juga bisa menghentikan mimisan menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut ini:

1. Air garam
Untuk cara mengobati mimisan dengan air garam, larutkan garam dalam air hangat. Setelah itu, basahi kapas dengan air garam tersebut. Sambil sedikit mendongakkan kepala, teteskan air garam secukupnya dari kapas melalui lubang hidung.

Adapun kegunaan dari air garam ini adalah akan membantu untuk melembapkan lapisan dalam hidung dan mengurangi iritasi pada selaput hidung.

2. Kompres es
Sebagaimana pemakaian air garam, es yang dingin juga bisa menghentikan perdarahan yang terjadi akibat mimisan dengan cara menyempitkan pembuluh darah pada bagian hidung. Namun pastikan tidak menempelkan langsung es pada hidung, karena ini bisa berisiko menyebabkan kerusakan jaringan.

Cara menghentikan mimisan menggunakan es bisa anda lakukan dengan terlebih dahulu membungkus es batu dengan kain lembut. Setelah itu gunakan untuk mengompres pada bagian luar hidung selama beberapa menit.

3. Bawang merah
Aroma dari bawang merah bisa membantu dalam mempercepat pembekuan darah pada hidung anda. Ini karena adanya kandungan senyawa belerang dalam bawang merah.

Untuk menghentikan mimisan, anda hanya perlu memotong bawang tipis-tipis dan tempelkan irisan tersebut di bawang hidung.

4. Perasan jeruk lemon
Kadar asam yang tinggi dalam buah lemon bisa membantu menghentikan pendarahan yang terjadi. Untuk itu anda bisa mengambil air lemon. Caranya teteskan satu atau dua tetes air lemon ke dalam hidung yang mimisan.

5. Daun ketumbar
Tidak hanya dikenal sebagai bumbu masak, namun daun ketumbar juga bisa dimanfaatkan sebagai obat mimisan alami yang aman tapi manjur.

Anda bisa menghentikan mimisan dengan cara melumatkan daun ketumbar dalam blender atau dengan cobek sampai halus. Selanjutnya oleskan daun ketumbar yang sudah dihaluskan tersebut pada bagian dalam hidung anda.

Alasan Harus Segera Ke Dokter Ketika Mengalami Mimisan

Bila ternyata setelah mencoba beberapa tindakan namun mimisan tetap saja tidak mau berhenti, ada baiknya bila anda pergi ke dokter atau layanan medis untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat untuk menghentikan mimisan.

Langkah anda untuk segera ke dokter juga perlu dilakukan bila ternyata mimisan yang anda alami memiliki gejala dimana ternyata darah yang keluar cukup banyak, disertai kesulitan bernapas, badan terasa lemah atau pingsan selama atau sebelum mimisan, sudah lebih dari 30 menit mimisan tidak kunjung berhenti bahkan setelah dikompres.

Anda juga perlu pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat bila ternyata mimisan yang dialami ternyata diakibatkan oleh karena cedera, seperti trauma atau kecelakaan. Pasien yang mengalami mimisan bila usianya di bawah dua tahun juga perlu dibawa ke dokter dengan segera (namun kondisi ini sangat jarang terjadi).

Loading...

Hasil pencarian:

buah buahan untuk penderita mimisan, buah untuk mencegah mimisan, buah untuk orang suka mimisan, buah-buahan untuk penderita mimisan, jenisbuahuntukmengobatimimisananak, makanan buah minuman yang bagus untuk mimisan, makanan utk mencegah mi, makanan yang emngurangi mimisan
Cara Mengobati Mimisan Menggunakan Bahan Alami | admin | 4.5