Cara Mengobati Mimisan – Tanaman Untuk Obat Mimisan | IniCaraku.com

Cara Mengobati Mimisan – Tanaman Untuk Obat Mimisan

Mimisan, hidung berdarah atau yang dalam dunia kedokteran disebut juga sebagai epistaksis adalah keadaan pendarahan di hidung dimana darah tersebut keluar darah dari lubang hidung. Mimisan ini terjadi karena pecahnya pembuluh darah pada selaput lendir hidung.

Penyebab mimisan ada banyak, misalnya karena trauma, sering karena kecelakaan lalulintas, olah raga, (seperti karena pukulan pada hidung) yang disertai patah tulang hidung(seperti pada gambar di halaman ini), mengorek hidung yang terlalu keras sehingga luka pada mukosa hidung, adanya tumor di hidung, ada benda asing (sesuatu yang masuk ke hidung) biasanya pada anak-anak, atau lintah yang masuk ke hidung, dan infeksi atau peradangan hidung dan sinus (rinitis dan sinusitis).

Mimisan juga bisa disebabkan karena adanya penyakit seperti hipertensi, infeksi sistemik seperti penyakit demam berdarah, demam kuning, atau cikunguya, kelainan darah seperti hemofilia, autoimun trombositipenic purpura, dan leukemia.

Untuk langkah awal penanganan mimisan bisa dilakukan dengan cara duduk dengan posisi kepala dan badan agak maju ke depan. Kemudian jepit hidung dengan jari. Pada saat menjepit hidung, bernafaslah melalui mulut. Dalam waktu 2-3 menit darah biasanya akan berhenti. Selain itu kompreslah hidung dengan cairan dingin atau es.

Beberapa obat alami mimisan menggunakan tanaman yang bisa dicoba adalah seperti:

1. Daun Sirih
Caranya 1 lembar daun sirih yang masih muda dicuci bersih, kemudian remas hingga keluar minyak, gunakan untuk menyumbat hidung pada saat terjadi mimisan.

2. Akar Alang-Alang
Caranya adalah: akar alang-alang sebanyak 60 gram direbus dengan air 400cc sampai tersisa 200cc. Airnya diminum selagi hangat. Lakukan 2 kali sehari secara teratur.

3. Kangkung
Caranya adalah kangkung segar sebanyak 25 gram dicuci bersih. Kemudian blender untuk dijadikan jus. Tambahkan gula secukupnya, aduk dan minum secara teratur 2 kali sehari.

4. Pegagan
Caranya pegagan segar 60 gram dicuci bersih pegagan dan rebus dengan air 400cc sampai mendidih hingga tinggal sisa setengahnya. Minum air rebusannya selagi hangat, minum 2 kali sehari.

5. Kacang Tanah
Caranya kulit ari kacang tanah sebanyak 25 gram dicuci bersih, rebus dengan air 400cc hingga sisa 200cc. Saring air rebusan dan minum selagi hangat. Lakukan 2 kali sehari.

6. Akar Teratai
AKar teratai sebanyak 200 gram dicuci bersih. Tumbuk halus dan teteskan airnya kedalam hidung sebanyak 2-3 tetes, dan minum sisanya

7. Jagung
Ambil rambut jagung sebanyak 50 gram. Cuci bersih, kemudian rebus dengan air 400cc hingga sisa 200cc. Saring air rebusan dan minum selagi hangat. Lakukan 2 kali sehari.

Semoga informasi tentang cara mengobati mimisan menggunakan tanaman diatas dapat bermanfaat.

IniCaraku.com Search form