Cara Mengobati Rasa Gatal di Bekas Luka | IniCaraku.com

Cara Mengobati Rasa Gatal di Bekas Luka

Rasa gatal pada daerah bekas luka bisa jadi disebabkan oleh kuman yang menempel ketika kita sedang melakukan aktivitas. Bukan masalah bekas lukanya, namun rasa gatal tersebutlah yang sangat mengganggu. Jika munculnya rasa gatal tersebut berkepanjangan dan nyeri saat dipegang, bisa-bisa justru keluar keloid yang menjengkelkan. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa gatal seperti ini.

Anda bisa coba mengobati rasa gatal di bekas luka dengan obat tradisional. Caranya, ambil asam yang sudah agak lama (secukupnya), kemudian lembabkan atau encerkan dengan air yang sudah masak. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok-gosok bekas luka yang terasa gatal. Bisa juga dengan cara melumatkan satu sendok makan daun asam dengan kunyit yang sudah dicuci. Kemudian tempelkan lumatan tersebut ke bekas luka yang gatal.

Cara lain untuk mengobati rasa gatal pada bekas luka adalah dengan cara menjemur luka tersebut di dekat perapian. Tunggulah sampai benar-benar terasa sakit dan kulit hampir terasa terbakar, panas dan terasa cekit-cekit. Lakukanlah berulang kali dan berturut-turut dalam 4 hingga 7 hari.

Selain itu, konsumsilah juga air kelapa dan makanan untuk membantu penyembuhan luka, baik dengan daun binahong atau yang lainnya. Jangan lupa untuk menghindari olahan makan berbahan dasar daging ayam, labu siam dan taoge. Untuk sementara jangan mengkonsumsi makanan-makanan ini sampai luka benar-benar tidak terasa gatal.

Semoga informasi tentang cara mengobati rasa gatal disekitar bekas luka diatas dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga.



IniCaraku.com Search form