Loading...

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan sangatlah menganggu. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan, beberapd diantaranya adalah karena lingkungan seperti paparan polusi udara, udara kering, alergi serbuk sari, debu atau alergi makanan.

Jika tenggorokan Anda sakit disebabkan oleh virus, bakteri atau jamur maka Anda harus meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan nutrisi, herbal dan diet sehat. Jika penyebabnya adalah pemicu lingkungan maka Anda perlu untuk menghindari atau meminimalkan kontak dengan lingkungan.

Cara Mudah Mengobati Sakit Tengorokan
Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit tenggorokan adalah:

loading...
  1. Nutrisi
    Nutrisi terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi adalah vitamin C, beta karoten, dan selenium. Nutrisi membantu untuk meredakan peradangan dan nyeri.
  2. Tumbuh-tumbuhan
    Ada beberapa tumbuh-tumbuhan seperti echinacea, ekstrak daun zaitun, segel emas dan ekstrak biji jeruk yang bertindak sebagai anti-mikroba yang membunuh infeksi.
  3. Berkumur
    Berkumur dengan sejumput garam dicampur dalam air hangat dapat membantu mikroba flush dan racun dari tenggorokan hilang.
  4. Air hangat
    Minum cairan panas seperti air hangat biasa, minuman jeruk (dengan satu sendok teh madu jika diinginkan), teh herbal dan kaldu dapat membersihkan tenggorokan.
  5. Diet
    Makanan tertentu seperti bawang putih, jahe, kunyit, cabai, dan nanas sangat baik membantu meringankan iritasi tenggorokan.
  6. Makan sayur dan buah
    Perbanyaklah mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, terutama buah dan sayur yang mengandung vitamin C. Selain untuk mengobati sakit tenggorokan, vitamin C juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit flu dan batuk.

Jika Anda mengalami sakit tenggorokan, sebaiknya Anda melakukan pengobatan sejak dini agar tidak berkembang menjadi parah hingga menyebabkan kanker tenggorokan.

Loading...
Cara Mengobati Sakit Tenggorokan | inicarak | 4.5