Cara Mengurangi / Menghilangkan Rasa Mual Saat Hamil | IniCaraku.com

Cara Mengurangi / Menghilangkan Rasa Mual Saat Hamil

Hampir sebagian besar wanita hamil pernah mengalami mual atau muntah, terutama selama trimester pertama kehamilan. Meski belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, hal ini sesungguhnya bisa dicegah dengan menjaga asupan makanan dan mengonsumsi suplemen vitamin tertentu.

Berikut ini adalah beberapa tips cara mengurangi rasa mual saat hamil:

1. Jangan buru-buru bangun
Ketika bangun tidur, ibu jangan terburu-buru langsung beranjak dari tempat tidur. Duduklah sejenak baru kemudian boleh berdiri.

2. Konsumsi gizi seimbang
Ketika hamil, makanlah banyak makanan yang tinggi karbohidrat, dan tinggi protein. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur sebagai pelengkap gizi seimbang.

2. Hindari makanan tertentu
Ketika hamil, biasanya penciuman akan menjadi lebih sensitif. Sehingga bila ada bau tertentu akan merangsang rasa mual. Tetapi hal ini berbeda-beda setiap orangnya. Untuk menghindari rasa mual dan muntah, hindari makanan yang berbau tajam, rokok, dan bau yang menyengat lainnya.

3. Sedikit tapi sering
Pola makan pun bisa diatur untuk mengurangi rasa mual, yaitu dengan mengurangi porsi makan, namun frekuensi jam makan justru ditingkatkan. Yang penting sedikit-sedikit, tapi sering.

4. Kurangi makan pedas
Nah, bagi ibu yang doyan pedas, kurangi dulu konsumsi makanan pedas. Terlebih bagi yang suka makanan pedas dan berminyak.

5. Siapkan camilan
Bila merasakan mual saat bangun pagi, siapkan camilan seperti biskuit yang menjadi favorit Anda di dekat tempat tidur. Hal ini akan menghindari perut Anda kosong.

6. Kurangi kopi
Bagi yang suka mengonsumsi kopi, disarankan untuk mengganti minuman favorit kaya kafein tersebut dengan air putih. Jika ingin minuman yang lebih nikmat, bisa diganti dengan jus.

7. Jahe
Selain berfungsi sebagai penghangat badan, jahe juga berfungsi untuk meredakan rasa mual yang diderita ibu hamil. Jika merasa mual, minum saja rebusan jahe sebanyak 250-300 mg sekali minum.

8. Jangan stres
Inilah kondisi yang bisa mengganggu kehamilan. Para calon ibu disarankan untuk selalu berpikir positif dan berusaha untuk tetap memenuhi nutrisi yang cukup pada janin. Sebab, anak merupakan aset paling berharga. Sehingga, pemberian nutrisi yang baik akan menjadi investasi yang luar biasa bagi anak.

Semoga informasi tentang tips cara mengurangi dan menghilangkan rasa mual saat hamil diatas dapat bermanfaat untuk anda, para wanita dan ibu hamil.

Panduan Cara Cepat Hamil