Loading...

Cara Mengurangi Nyeri Akibat Kram Perut Saat Menstruasi

Nyeri atau kram perut selain bisa menghalangi kelancaran aktivitas, juga terasa sangat menyiksa akibat rasa sakit yang terus mendera. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara cepat yang bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri perut saat menstruasi tersebut.

Penyebab kram perut sendiri karena akibat dari adanya kontraksi di uterus yang terjadi untuk meluruhkan lapisan tertentu di rahim lantaran tidak adanya pembuahan.

Untuk mengatasi kram perut saat menstruasi, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Berikut diantaranya:

loading...

1. Kompres hangat
Anda bisa berbaring dan kemudian taruh kompres bersuhu hangat di sekitar perut bawah. Untuk membantu menghilangkan tekanan dan nyeri perut, anda bisa menggunakan kompres selama sekitar 15 menit.

2. Konsumsi obat
Obat yang mengandung senyawa anti-inflamasi bisa membantu mengurangi rasa sakit. Untuk mengurangi rasa nyeri kram, pilihlah obat anti-inflamasi nonsteroid. Obat tersebut bekerja dengan cara menghalangi prostaglandin penyebab nyeri. Obat ini bisa anda beli secara bebas ataupun melalui resep dokter.

3. Lakukan Yoga
Pose-pose yoga tertentu dapat membuat tubuh anda menjadi rileks dan melenturkan otot-otot sekitar perut. Bernapas dalam-dalam selama melakukan pose yoga juga bisa membantu otot untuk lebih rileks, termasuk otot uterus.

4. Rajin olahraga
Melakukan olahraga ringan seperti berjalan dan berenang bisa membantu meningkatkan aliran oksigen di seluruh tubuh sehingga membuat otot rileks.

5. Kurangi konsumsi produk susu
Untuk mengurangi kram dan nyeri saat menstruasi, kurangilah konsumsi produk susu seperti keju, yogurt, dan es krim selama menstruasi.

Loading...
Cara Mengurangi Nyeri Akibat Kram Perut Saat Menstruasi | inicarak | 4.5