Cara Mengusir dan Membasmi Kecoa | IniCaraku.com

Cara Mengusir dan Membasmi Kecoa

Mengusir kecoa bisa dibilang cukup sulit. Bahkan saat kita sudah memutuskan kepala kecoa saja dia masih bisa bertahan hidup selama sembilan hari tanpa kepala. Binatang yang termasuk golongan serangga ini sungguh menjadi musuh utama para wanita dan ibu – ibu rumah tangga. Ada yang membencinya karena takut, jijik, dan lain sebagainya, kecoa ini juga sangat bau, yang bisa buat kita pusing.

Agar rumah kita bisa bersih terhindar dari serangan kecoa, simak 4 tips cara mengusir kecoa dibawah ini:

1. Mengusir Kecoa

Untuk mengusir kecoa, siapkan buah Jeruk lemon, Mentimun, atau Daun Salam secukupnya saja. Iris kecil – kecil bahan tersebut. ( pilih salah satu ). Kemudian tuangkan irisan bahan tersebut ke dalam gelas atau wadah yang sedang. Letakkan wadah atau gelas tersebut di tempat yang banyak terdapat kecoanya, misalnya saja dapur, almari, atau tempat yang lainnya.

Kenapa kecoba bisa kabur? Karena pada dasarnya kecoa ini tidak suka dengan aroma bahan – bahan di atas, jadi jika suatu tempat kita kasih ramuan tersebut, maka kecoa akan lari.

2. Membunuh Kecoa

Saat menemukan kecoa, cara cepat dan efektif untuk menyingkirkan serangga ini adalah dengan langsung menginjaknya.

Siapkan gulungan koran atau alat apapun yang bisa Anda gunakan untuk langsung membunuh kecoa yang terlihat.

Cara lain, semprotkan air sabun ke badan kecoa. Air sabun cukup ampuh untuk mematikan kecoa.

Kedua cara diatas cukup efektif mengurangi populasi kecoa dewasa. Namun, telur kecoa tetap tidak tersentuh dan segera menetas menjadi kecoa dewasa.

3. Membuat Lapar Kecoa

Kecoa tidak dapat bertahan hidup tanpa makanan dan air. Pastikan untuk membersihkan apapun yang bisa dijadikan makanan dan minuman kecoa.

Rumah yang bersih dan rapi akan membantu meminimalkan populasi kecoa. Pastikan pula untuk meletakkan sampah atau sisa makanan di luar rumah agar tidak menjadi sumber makanan kecoa.

Simpan makanan dalam wadah tertutup dan jangan biarkan terbuka terlalu lama.

Daerah di bawah kulkas atau kompor harus dibersihkan secara teratur karena sering terdapat sisa-sisa makanan dan minyak yang bisa menjadi makanan kecoa.

4. Memutus Pasokan Air

Selain melenyapkan sumber makanan, cara lain untuk membasmi kecoa adalah dengan memastikan tidak ada pasokan air untuk minum kecoa.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh University of Florida, kecoa dapat hidup selama dua minggu tanpa makanan dan air, tetapi mereka bisa bertahan hingga 42 hari dengan hanya minum air.

Air dari pipa yang bocor umum digunakan oleh kecoa sebagai sumber air. Tempat di bawah wastafel adalah tempat favorit lain bagi kecoa.

Jadi pastikan tempat-tempat tersebut kering sehingga memutus pasokan air bagi kecoa.

5. Perangkap Kecoa dan Predator Alam

Selain cara-cara diatas, metode lain untuk membunuh kecoa adalah dengan memasang perangkap non racun di sekitar rumah.

Salah satu jenis perangkap bekerja seperti perekat yang menjebak kecoa sehingga tidak sempat masuk ke dalam rumah.

Kecoa juga memiliki sejumlah besar predator alami. Kadal, burung, tikus, kodok, dan katak semua menjadikan kecoa sebagai santapan.

Pastikan untuk tidak mengganggu habitat predator alami agar populasi kecoa tetap terkontrol.

Semoga informasi tips cara mengusir dan membasmi kecoa diatas bisa bermanfaat.


IniCaraku.com Search form