Cara Meningkatkan Daya Ingat | IniCaraku.com

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Meningkatkan daya ingat otak bisa dilakukan dengan banyak cara. Dan saat ini pun banyak obat yang dijual untuk meningkatkan daya ingat otak. Namun sayangnya obat-obatan tersebut kebanyakan adalah mengandung bahan kimia yang bisa jadi nantinya akan menimbulkan efek samping.

Salah satu cara alami untuk meningkatkan daya ingat otak adalah dengan mengkonsumsi makan-makanan bergizi. Selain itu ada beberapa jenis kegiatan yang juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat yang bisa anda coba lakukan.

1. Air Putih
Fakta menunjukkan bahwa seluruh fungsi organ tubuh akan berjalan dengan baik ketika mendapat asupan air yang cukup. Tak terkecuali fungsi otak. Biasakan minum 6-8 gelas air putih sehari.

2. Makanan
Bukan hanya minyak ikan yang dapat mempertajam daya ingat, tetapi juga bahan makanan berwarna merah dan ungu seperti blueberry, buah bit, dan bawang merah. Bahan makanan kaya asam folat seperti brokoli, pisang, dan kacang polong juga bermanfaat menjaga kesehatan otak.

3. Jaga emosi
Orang yang tidak bisa mengendalikan emosi biasanya gampang terkena stress, stress ini bisa menyebabkan kinerja otak kita terganggu karena ada beban pikiran yg lain. Jadi aturlah emosi untuk meningkatkan daya ingat otak.

4. Tidur yang cukup
Tidur di sini bukan hanya tidur di malam hari, akan tetapi juga termasuk tidur siang. Ketika tidur, otak kita akan merekam kembali kejadian-kejadian yang dialami sebelum tidur. Terutama setelah mempelajari sesuatu, misal ketika belajar sebelum ujian.

5. Olahraga
Olahraga bukan berarti baik untuk raga kita saja, dengan berolahraga secara teratur, selain menjaga badan kita tetap fit juga bisa membantu kita untuk meningkatkan kinerja otak sehingga tidak mudah lupa. Plak yang menumpuk di sel darah kita yang menyebabkan aliran nutrisi ke otak menjadi terhambat dan dengan berolahraga bisa mengurangi plak tersebut sehingga otak kita tetap sehat.

6. Mendengarkan musik
Berdasarkan penelitian, musik-musik tertentu bisa membantu kita untuk menghafal lebih cepat (meningkatkan daya ingat otak) sambil mendengarkan musik tersebut.

7. Mengajar
Mengajari orang lain tentang sesuatu hal yang sudah kita ketahui juga bisa meningkatkan daya ingat otak kita karena secara tidak langsung kita juga mengulangi hal tersebut, bahkan bisa hafal di luar kepala.

8. Game Asah Otak
Game asah otak memang banyak, dan biasanya didalam game tersebut ada beberapa jenis, mulai dari menghitung cepat, dan menghafal dengan hitungan waktu. Dengan sering-sering memainkan game asah otak ini, daya ingat kita akan terlatih dan semakin meningkat. Teka-teki silang juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat otak kita.

9. Bertamasya ke Masa Lalu
Melihat kembali hal-hal di masa lalu secara tidak langsung melatih ingatan jangka panjang. Saat pulang kampung misalnya, cobalah memunculkan kembali kenangan masa kecil.


IniCaraku.com Search form