Cara Meningkatkan Konsentrasi | IniCaraku.com

Cara Meningkatkan Konsentrasi

Konsentrasi itu penting dan sangat dibutuhkan dalam setiap pekerjaan agar terlaksana dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik pula. Jika kita tidak bisa konsentrasi maka yang terjadi adalah kita lambat dalam mengerjakan pekerjaan atau bahkan tidak dapat diselesaikan.

Jika anda saat ini merasa sulit untuk berkonsentrasi, mungkin anda bisa coba simak 5 tips bagaimana cara meningkatkan daya konsentrasi dibawah ini:

1. Mengkonsumsi makanan sehat

Jenis makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan dan sayur mayur merupakan sumber makanan bergizi bagi kebutuhan sel otak. Karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi setidaknya 6 jenis makanan sehat setiap harinya, termasuk juga camilan sehat. Rasa lapar yang berdampak pada produksi gula darah, juga dapat menghalangi kemampuan Anda dalam berkonsentrasi.

2. Berolahraga

Para peneliti mengungkapkan bahwa individual yang rajin melakukan aktivitas olahraga lebih mudah dalam memfokuskan diri serta memiliki konsentrasi yang lebih baik daripada mereka yang tidak melakukan olahraga. Lakukan olahraga seperti berjalan atau berlari menaiki dan menuruni tangga. Terlalu lama berada di depan komputer tidak akan membuat Anda fokus terhadap suatu pekerjaan. Melatih otak dan tubuh adalah hal yang dapat membuat Anda lebih mudah untuk fokus dan berkonsentrasi.

3. Tidur

Meskipun terdengar sangat sederhana namun kekurangan waktu tidur dapat menimbulkan beberapa konsekuensi, salah satunya adalah melemahnya kemampuan Anda untuk fokus terhadap sesuatu. Rasa lelah akibat kurang tidur mempengaruhi produksi unsur kimia pada otak yang secara otomatis dapat mengurangi daya konsentrasi dan membuat Anda menjadi pelupa.

4. Hindari stres

Ketika Anda merasa tertekan dan mengalami stress, otak akan melepaskan hormone stres yang berdampak pada kemampuan otak dalam berkonsentrasi. Sudah pasti hal ini akan mempengaruhi tingkat memori dan kemampuan daya fokus Anda terhadap sesuatu.

5. Latih pikiran Anda

Agar pikiran Anda tetap tajam, latihlah otak dengan mencoba melakukan permainan puzzles atau jenis permainan lainnya yang bisa membantu stimulasi otak. Aktivitas ini dapat membantu membangun ketahan mental dan membuat Anda lebih fokus dan mudah berkonsentrasi meskipun Anda sedang berhadapan dengan pekerjaan yang menumpuk atau mengalami gangguan lainnya.