Loading...

Cara Meningkatkan Produksi ASI Agar Lebih Banyak

Produksi Air Susu Ibu (ASI) yang melimpah tentunya akan memberikan dampak yang baik tidak hanya bagi bayinya, namun juga bagi ibu yang menyusui. Pasalnya, ketika ibu mampu memberikan ASI secara eksklusif, maka akan ada rasa puas di dalam hati si ibu.

Sayangnya, tidak semua ibu mampu memberikan ASI secara eksklusif kepada bayinya hingga bayi berumur 6 bulan. Berbagai alasan muncul terkait ketidakmampuan ibu memberikan ASI secara eksklusif. Salah satunya adalah produksi ASI yang menurun sehingga ibu merasa khawatir bila bayinya hanya diberikan ASI maka kecukupan nutrisinya akan berkurang.

Untuk cara meningkatkan produksi ASI agar lebih melimpah dan tetap terjaga kualitasnya, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan ibu. Bahkan, cara meningkatkan produksi ASI ibu menyusui bisa dilakukan dengan langkah yang sederhana dan mudah. Dengan demikian, para ibu menyusui tidak perlu lagi merasa khawatir jika saat ini produksi ASI-nya cukup sedikit.

Cara Meningkatkan Produksi ASI Agar Lebih Banyak

Beberapa cara membuat produksi ASI melimpah dapat dilakukan ibu menyusui, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Minum air putih yang cukup

Sangat penting bagi ibu yang menyusui untuk menjaga tubuhnya agar tetap terhidrasi. Salah satu cara menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah dengan minum air putih yang cukup. Untuk itu, ibu bisa menyiapkan selalu botol air minum untuk dibawa ke mana pun pergi agar terhindar dari dehidrasi.

2. Minum susu

Minum susu juga penting dilakukan untuk memberikan tambahan nutrisi dan gizi ibu menyusui. Dalam sehari, ibu yang sedang menyusui dianjurkan untuk minum susu setidaknya 2-3 gelas.

3. Ngemil kacang

Salah satu jenis cemilan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu menyusui adalah kacang. Kacang bisa dijadikan sebagai camilan sehat yang akan membantu untuk meningkatkan produksi ASI. Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa dijadikan sebagai camilan sehat ibu menyusui semisal adalah kacang kenari, almond dan kacang mete.

Itulah beberapa langkah sederhana yang dapat dilaklukan oleh ibu untuk membantu meningkatkan produksi ASI agar melimpah. Sehingga dengan produksi ASI yang melimpah maka ibu akan dapat memberikan nutrisi yang cukup bagi si buah hati.

loading...
Loading...
Cara Meningkatkan Produksi ASI Agar Lebih Banyak | inicarak | 4.5