Loading...

Cara Meningkatkan Produksi ASI

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh ibu yang baru melahirkan, apalagi bayi pertama, adalah ASI yang keluar hanya sedikit dan bahkan ada yang ASI-nya tidak keluar. Padahal, sebagai seorang ibu, anda tentu ingin memberikan yang terbaik bayi buah hati anda tersebut, yaitu dengan memberi ASI yang cukup. Berbagai untuk memperbanyak air ASI pun kemudian coba dilakukan, bahkan sejak masih mengandung.

Menurut dr. Hikmah kurniasari, MKM, pengurus dan konselor Rumah Menyusui di RSIA Budi Kemuliaan dalam acara bertema “Peresmian Rumah Menyusui Sekaligus Pencanangan Kampanye 9 Bulan Peduli Kesehatan Ibu” di Auditorium Dr. Soemarno Sastroadmodjo RS Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, Senin (21/4/2014), seperti yang dilansir Okezone, “Sang ibu harus dilatih memerah untuk merangsang hormon proklatin (yang bertanggung jawab terhadap produksi ASI)”.

Adapun cara memperbanyak produksi ASI tersebut sebenarnya sangatlah mudah dan sederhana untuk dilakukan, para ibu cukup memfokuskan pada dua titik di payudaranya. Kemudian, carilah dua titik yang menunjukkan titik angka jam enam dan titik jam 12 pada bagian payudara. Bila sudah ditemukan, tekanlah bagian itu, kemudian lepaslah. Lakukanlah hal itu secara berulang-ulang.

loading...

Lebih lanjut menurut dr. Hikmah, “Yang tidak kalah pentingnya adalah biasanya para ibu harus melakukan sentuhan ‘skin to skin’ dulu sama si bayi, yakni dengan cara berpelukan. Hal itu agar ikatan emosional muncul lagi dan memudahkan produksi hormon prolaktin. Tapi ingat, jangan pakai baju pada saat itu”.

Sementara terkait dengan adanya kebiasan seseorang untuk memerah dengan alat perah untuk merangsang hormon prolaktin, hal itu balik lagi kenyamanan setiap orang. Akan tetapi, kalau pakai tangan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan mudah. Bila pakai alat perah kan harus memerhatikan sisi higienisnya alat, sementara kalau pakai tangan bisa kapan saja.

Ingat ya, berikan hanya ASI untuk bayi hingga usianya 6 bulan, kemudian tetap berikan ASI dan makanan tambahan lainnya hingga bayi mencapai usia 2 tahun. Baru setelah usia 2 tahun, anda bisa menghentikan pemberian ASI untuk bayi anda.

Loading...
Cara Meningkatkan Produksi ASI | inicarak | 4.5