Loading...

Cara Menjaga Berat Badan Agar Tidak Naik Saat Puasa Ramadhan

Bila kebanyakan orang mendapatkan manfaat dari puasa yaitu dapat membuat berat badan menurun, maka bagi sebagian lainnya puasa justru membuat berat badan semakin bertambah. Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya dalam mengatur pola makan.

Tidak sedikit orang yang makan untuk buka puasa layaknya sedang balas dendam karena seharian harus menahan lapar dan haus. Sementara porsi makan yang menggunung saat makan sahur untuk memperoleh energi selama berpuasa.

Tips Bagaimana Cara Menjaga Berat Badan Agar Tidak Naik Saat Puasa Ramadhan

Untuk mencegah berat badan naik selama menjalankan puasa Ramadhan, maka ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Diantaranya:

1. Menghindari lemak

Tidak ada larangan untuk mengonsumsi susu saat berbuka atau sahur. Namun akan lebih baiknya bila anda memilih konsumsi susu yang rendah lemak. Pilihlah daging yang tidak berlemak bila anda ingin mengonsumsi daging.

2. Konsumsi buah

Makan buah jauh lebih baik ketimbang anda makan gorengan sebagai menu buka puasa. Karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah akan sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh selama bulan puasa.

3. Olahraga kecil

Untuk membakar kalori ekstra dalam tubuh, alangkah lebih baik untuk berjalan kaki selama 30 hingga 60 menit setelah berbuka puasa.

4. Hindari minyak

Hindari konsumsi masakan yang berminyak. Untuk menghindari asupan lemak jenuh dalam tubuh, maka makanan lebih baik dimasak dengan cara memanggang, merebus, atau mengukus.

5. Hindari makan berlebihan

Membatasi makan pada saat iftar dan sahur sangat penting untuk menjaga berat badan. Karena makan secara berlebihan dapat menambah berat badan anda, terlebih bila tidak disertai dengan olahraga yang seimbang.

Itulah beberapa tips bagaimana cara menjaga berat badan agar tidak bertambah naik selama bulan puasa Ramadhan sebagaimana yang dikutip dari laman Khaleejtimes. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Cara Menjaga Berat Badan Agar Tidak Naik Saat Puasa Ramadhan | inicarak | 4.5