Loading...

Cara Menyelesaikan Konflik Rumah Tangga dengan Tenang

Dalam berumah tangga pastinya akan ada perselisihan yang terjadi. Ini sebenarnya adalah hal yang umum terjadi dalam rumah tangga. Namun demikian, perselisihan yang terjadi dalam rumah tangga harus ditangani dengan segera. Jangan terus biarkan perselisihan tersebut berlarut-larut karena dapat mengancam keharmonisan dalam rumah tangga.

Dalam menyelesaikan pertengkaran yang terjadi, maka masing-masing pasangan tidak boleh hanya mempertahankan ego masing-masing. Semua harus saling menyadari dan bila memang salah maka ia harus mau meminta maaf.

Bagaimana Cara Menyelesaikan Masalah atau Konflik Dalam Rumah Tangga yang Benar?

Sebuah pertengkaran yang terjadi dalam rumah tangga sebenarnya bisa diselesaikan dengan cara yang lebih tenang. Dengan syarat masing-masing tidak mempertahankan egonya. Untuk itu, sebelum semakin memanas maka ada baiknya bilsa lakukan beberapa hal berikut ini sebagaimana yang dikutip dari laman Idiva.

1. Jangan selalu bermain sebagai korban

Bahkan, bila anda selalu merasa dirugikan dan selalu saja disalahkan, belajarlah untuk menerima kritik dan selalu berusaha mencari solusi dari permasalahan hubungan anda. Lihat bagaimana perspektif pasangan.

2. Memaafkan dan melupakan

Walau hal ini terdengar klise dan tidak mudah untuk dilakukan, namun hal ini sangat mungkin terjadi. Bila anda sudah memaafkan kesalahan pasangan, maka itu artinya anda juga harus melupakan yang sudah terjadi dan memperbaiki hubungan anda dan pasangan.

3. Kurangi mengancam

Kurangi untuk selalu mengatakan bahwa “Kita akan putus bila kamu tidak berhenti melakukan ini”. Karena ini juga berarti bahwa anda tidak menerima pasangan apa adanya.

4. Jangan melibatkan orang ketiga

Mungkin anda berharap dengan adanya bantuan dari pihak ketiga akan lebih muda dan mempercepat untuk menyelesaikan masalah yang ada. Namun ini sebenarnya tidak baik untuk anda lakukan.

Usahakan agar sebisa mungkin jangan pernah melibatkan orang lain untuk menjadi mediator saat terjadi pertengkaran dalam rumah tangga. Ada baiknya bila masalah tersebut diselesaikan sendiri dengan kepala dingin.

loading...
Loading...
Cara Menyelesaikan Konflik Rumah Tangga dengan Tenang | inicarak | 4.5