Loading...

Cara Menyimpan ASI Perahan Agar Bisa Tahan Lama

Air Susu Ibu (ASI) merupakan cairan terpenting untuk anak. ASI wajib diberikan seorang ibu kepada anaknya yang baru lahir, minimal sampai anak tersebut berusia 6 bulan.

Bagi wanita karir, bekerja bukanlah alasan untuk tidak memberikan ASI pada anaknya. Meski bekerja, ibu tetap bisa memberikan ASI pada anaknya. Misalnya dengan memerah ASI dan menyimpannya ke dalam tempat khusus.

Adalah sangat penting bagi seorang ibu untuk mengetahui bagaimana caranya menyimpan ASI yang baik dan benar. Jika sampai salah, maka kadar dan zat yang terkandung di dalam ASI akan rusak.

loading...

Seperti yang dikutip dari Liputan6, berikut adalah pedoman yang diberikan oleh Mia, dalam acara Media Session Samsung Refigerator ‘The Gift of Love For Family’, di Jakarta, Selasa (4/6/2013).

1. ASI yang sudah diperah oleh seorang ibu, bisa disimpan di suhu ruang, 16 sampai 29 derajat celcius. Idealnya, ASI perahan akan bertahan selama 3 s/d 4 jam, bahkan bisa lebih, 6 sampai 8 jam.

2. ASI perahan juga bisa di simpan dalam kulkas bagian bawah, yang memiliki suhu 0 sampai 4 derajat celcius. Idealnya, ASPER akan bertahan selama 60 jam atau 5 s/d 6 hari. Tapi, jangan simpan di bagian pintu, simpan di bagian belakang kulkas, yang tidak terlalu terpengaruh perubahan suhu.

3. ASI perahan bisa bertahan lebih dari 3 sampai 4 bulan apabila disimpan di freezer, yang memiliki suhu -17 derajat celcius.

Semoga informasi tentang cara menyimpan ASI perahan di atas bisa bermanfaat.

Loading...
Cara Menyimpan ASI Perahan Agar Bisa Tahan Lama | inicarak | 4.5