Loading...

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas Berdasarkan Jenis Makanan

Kebiasaan yang sering dilakukan setelah belanja makanan dalam jumlah banyak adalah langsung meletakkan makanan tersebut dalam kulkas. Padahal, agar makanan tetap segar, beda jenis makanan, beda pula tempat penyimpanannya di kulkas.

Seperti yang dilansir Thedailymeal, berikut adalah lokasi penyimpanan makanan yang tepat di kulkas:

Buah dan sayuran
Ketika disimpan ditempat yang lembab, buah dan sayuran akan bisa bertahan lebih lama. Untuk itu, akan lebih baik bila buah-buahan dan sayuran ditempatkan di laci buah dan sayuran di lemari es.

loading...

Selain itu, ketika menyimpan buah dan sayuran sebaiknya dipisahkan. Kebanyakan buah-buahan mengeluarkan gas yang disebut ethylene, dan banyak pula jenis sayuran yang sensitif terhadap gas tersebut sehingga mudah membusuk.

Yang terpenting, jangan pula menyimpan buah atau sayuran segar ke dalam wadah yang kedap udara karena akan justru membuatnya layu dan cepat busuk. Agar tidak mengkontaminasi yang lainnya, sebaiknya buang sayuran dan buah-buahan yang memar atau busuk.

Daging dan seafood
Daging dan makanan laut harus disimpan di bagian terbawah rak lemari es. Untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang, pastikan selalu memisahkan makanan ini dari makanan lain.

Olahan susu
Tempat penyimpanan untuk susu dan yogurt yang terbaik adalah di rak atas atau bagian tengah kulkas. Jauhkan produk olahan susu dari makanan yang berbau tajam yang bisa merusak rasanya.

Sementara, letakkan telur di rak yang lebih rendah agar tidak kehilangan kelembapan atau menyerap rasa yang tidak diinginkan. Seperti buah dan sayuran, keju membutuhkan tempat yang hangat, sehingga harus diletakkan di dalam laci dengan kelembapan yang tepat.

Bumbu
Kalaupun harus menyimpan bumbu di kulkas, sebaiknya letakkan di rak pintu kulkas di mana suhu selalu berfluktuasi atau naik-turun. Pasalnya, bumbu tidak akan bertahan lama di kulkas karena sering digunakan.

Makanan sisa
Agar tetap bisa menikmati sisa makanan sebelum membusuk, letakkan di rak di mana Anda bisa melihatnya, seperti rak atas atau tengah. Jika sudah melewati empat hari dan Anda belum memakannya, letakkan di freezer agar tetap segar atau sebaiknya buang saja makanan sisa tersebut.

Loading...
Cara Menyimpan Makanan di Kulkas Berdasarkan Jenis Makanan | inicarak | 4.5