Loading...

Cara Menyimpan Tahu Agar Tidak Cepat Berlendir

Ketika berbelanja, sekalian untuk menghemat waktu dan biaya maka biasa kita akan membeli tahu banyak sekaligus. Karena meskipun tidak habis digunakan hari ini juga, tahu masih bisa kita gunakan untuk dimasak keesokan harinya.

Sayangnya, tahu termasuk bahan makanan yang mudah basi, biasanya ditandai dengan berlendir, dan menjadi asam rasanya. Namun ini seharusnya bisa dicegah bila kita menyimpannya dengan benar. Karena cara menyimpan tahu yang benar akan membuat tahu menjadi tahan lama dan tidak cepat berlendir.

Menurut Wikihow, berikut adalah cara penyimpanan tahu yang benar:

loading...

1. Simpan dalam kemasan
Cara termudah adalah dengan menyimpan tahu langsung ke dalam kulkas jika kemasannya belum dibuka. Hanya saja, pastikan untuk menggunakannya sebelum tanggal kedaluwarsa. Jika telah dibuka, namun tidak digunakan semuanya, maka ikuti langkah-langkah selanjutnya ini.

2. Dalam wadah kaca
Tiriskan terlebih dahulu air pada sisa tahu, bilas, dan tiriskan kembali. Tempatkan sisa tahu ke dalam wadah mangkuk yang cukup dalam atau bisa menggunakan toples kaca. Tuang air ke dalam mangkuk atau toples dengan tinggi air menutupi permukaan tahu.

4. Ganti air tahu setiap hari
Jangan lupa untuk mengganti air rendaman tahu setiap hari guna menjaga tahu tetap dalam kualitas prima. Ada pula yang menyarankan untuk mengganti air tahu setiap dua hari. Anda bisa membandingkan mana yang terbaik. Dengan cara penyimpanan seperti ini, daya tahan tahu bisa hingga 7-10 hari.

Tips menyimpan tahu:

– Cara di atas cocok pada semua jenis tahu; baik itu tahu buatan pabrik, tahu lembut, tahu sutra, dan lain-lain.
– Tahu yang telah dibekukan hasilnya tidak akan sama jika disimpan seperti ini. Tekstur tahu akan berubah, tidak sama dengan tahu sebelum dibekukan. Tahu akan kurang menyerap bumbu, menjadi kasar, dan sulit diiris. Teksturnya menjadi seperti daging, biasanya cocok dibuat tahu orak-arik.
– Jika Anda membeli tahu segar berbentuk blok atau kotak tanpa kemasan, sebaiknya ikuti langkah pemyimpanan dengan mengganti air setiap hari.
– Air tahu harus diganti, karena air membantu menjaga kelembapan dan rasanya terkontaminasi bau makanan lain di lemari es.
– Jangan pernah meninggalkan tahu keluar dari lemari es dalam jangka waktu lama. Ini adalah media yang sempurna untuk berkembangnya bakteri. Jadi, masukkan kembali tahu ke emari es secepatnya. Juga ingat untuk memasukkannya ke dalam kulkas segera setelah dibeli.
– Pastikan juga bahwa air yang digunakan untuk merendam tahu adalah air yang sudah matang (dimasak). Ini dilakukan untuk menghindari atau meminimalisir bakteri.

Loading...

Hasil pencarian:

cara menghilangkan rasa asam pada tahu, cara menyimpan tahu, cara menyimpan bakso agar tidak basi, ciri ciri tahu basi, cara menyimpan tahu bakso, cara membuat tahu bakso agar awet, cara menghilangkan rasa pahit pada tahu, Cr menghilangkan rs pahit di tahu, tanda tahu basi, cara untuk menghilangkan rasa asam pada tahu, cara mengawetkan tahu, cara menyimpan tahu agar tidak basi tanpa menggunakan kulkas, cara mengawetkan tahu secara alami, cara menghikangkan rasa pahit pada tahu, cara menghilangkan rasa pahit tahu
Cara Menyimpan Tahu Agar Tidak Cepat Berlendir | inicarak | 4.5