Loading...

Cara Merawat Gigi yang Ada Belang atau Bercak Putih-nya

Gigi yang belang-belang atau bercak-bercak putih disebabkan oleh karena gigi mengalami fluorosis.

Fluorosis atau mottled enamel adalah suatu bentuk endemic kronis dari hipoplasi email gigi oleh karena konsumsi air minum dengan kandungan florine tinggi dan berlangsung selama proses tumbuh kembang gigi sedang berlangsung. Kelainan ini ditandai oleh adanya cacat kalsifikasi dan terlihat sebagai bercak putih seperti kapur pada permukaan email yang lama-kelamaaan berangsur jadi coklat.

Gigi seperti ini biasanya lebih mudah karies (keropos), karena itu Ibu sebaiknya lebih waspada dan membersihkan giginya lebih dari gigi yang normal. Berikut ini adalah cara merawat gigi, gusi dan mulut agar tetap bersih dan sehat seperti yang dikutip dariĀ tanyapepsodent.com;

loading...

1. Makanlah panganan yang bergizi (dulu : Empat sehat lima sempurna, sekarang : gizi seimbang).
2. Batasi makan dan minum panganan yang mengandung karbohidrat (gula) seperti es krim, permen, coklat dsb. Kandungan gula inilah yang menyebabkan gigi cepat keropos. Demikian juga dengan makanan-makanan yang lengket, dan tak perlu proses pengunyahan yang cukup, seperti fast food, yang membuat plak gigi mudah terbentuk.
3. Sikat gigi setiap hari pada pagi hari sehabis sarapan dan sesudah makan malam dengan cara yang baik dan benar.
4. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluor, karena fluor terbukti bisa menurunkan angka kejadian karies gigi.
5. Melakukan pemeriksaan berkala ke dokter gigi setiap enam bulan sekali, supaya kalau ada gigi yang mulai bermasalah/berlubang dapat segera ditangani sebelum terlanjur menjadi besar (deteksi dini). Hendaknya dipahami bahwa sekali gigi mulai berlubang, karies ini tidak bisa mengecil lagi tetapi secara pelan tapi pasti akan membesar terus.

Loading...

Hasil pencarian:

cara menghilangkan bercak putih pada gigi, cara menghilangkan bercak putih di gigi
Cara Merawat Gigi yang Ada Belang atau Bercak Putih-nya | inicarak | 4.5