Cara Merawat Printer | IniCaraku.com

Cara Merawat Printer

Printer adalah alat tambahan komputer yang digunakan untuk mencetak dokumen seperti teks, grafik, gambar atau foto. Printer akan cepat rusak jika tidak dirawat dengan benar.

Agar dapat mencetak foto dengan hasil yang berkualitas maka disarankan agar saat ngeprint atau mencetak menggunakan tinta original yang dipadukan dengan kertas foto original. Sementara, jika ingin mencetak dokumen teks di kertas HVS, gunakan kertas berkualitas bagus dengan serat kertas rapat, halus dan tidak berbulu. Kenapa? Karena bulu-bulu dari serat kertas yang kurang bagus bisa mengakibatkan tinta cetakan melebar sehingga hasil cetakan tidak rapi.

Sementara untuk merawat printer agar awet dan tahan lama, alias tidak cepat rusak, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, diantaranya :

Usahakan unruk meletakkan printer di tempat yang aman dan stabil, jauhkan printer dari paparan sinar matahari langsung maupun debu. Selain itu, jauhkan atau hindarkan printer dari benda-benda cair yang mudah tumpah atau kemasukan benda-benda kecil seperti clip, isi stapler, potongan kertas, dan lain sebagainya.

Agar printer tidak ngadat saat digunakan untuk mencetak, lakukan pencetakan secara rutin. Meski sedang tidak dibutuhkan, jangan biarkan printer terlalu lama tidak digunakan. Tujuannya adalah untuk menghindari nozzle (lubang pada printhead) tersumbat oleh tinta yang mengering. Usahakan gunakan printer untuk mencetak Print Test Page minimal 1 kali dalam seminggu.

Jika nozzle ada yang tersumbat biasanya ditandai dengan hasil cetak yang kurang sempurna atau ada warna yang tidak keluar (timbul garis putih horizontal). Solusinya Anda dapat membersihkan nozzle printhead melalui menu maintenance pada driver printer. Jangan membersihkan printhead secara manual apalagi dicuci/direndam air karena dapat merusak printhead itu sendiri.

Agar tidak ngadat atau berhenti saat ngeprint atau mencetak, jangan menggunakan kertas berserabut / berbulu, kotor / berdebu / berminyak ataupun kertas yang terdapat correction pen (tip-ex), stapler, kusut, untuk menghindari kertas tersangkut di dalam printer.

Namun bila sampai terjadi kertas macet / tersangkut di dalam printer, segera matikan printer, kemudian hidupkan kembali. Biasanya kertas akan keluar dengan sendirinya. Jika tidak berhasil, matikan printer kemudian tarik kertas dengan perlahan dan pastikan tidak ada bagian kertas yang tertinggal di dalam printer. Jangan menarik paksa kertas dengan keras dalam keadaan printer masih hidup.

IniCaraku.com Search form